ANALISIS PEMANFAATAN FITUR-FITUR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MELALUI UNGGAHAN KONTEN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA AKUN @GARAGEMERCH.ID (PERIODE JANUARI – SEPTEMBER 2023)

Muslam, Habibah Sabil (2024) ANALISIS PEMANFAATAN FITUR-FITUR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MELALUI UNGGAHAN KONTEN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA AKUN @GARAGEMERCH.ID (PERIODE JANUARI – SEPTEMBER 2023). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
44221120054 - Habibah Sabil Muslam - 02 Cover.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
44221120054 - Habibah Sabil Muslam - 03 Abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44221120054 - Habibah Sabil Muslam - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB 2)
44221120054 - Habibah Sabil Muslam - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB 3)
44221120054 - Habibah Sabil Muslam - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (BAB 4)
44221120054 - Habibah Sabil Muslam - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB 5)
44221120054 - Habibah Sabil Muslam - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44221120054 - Habibah Sabil Muslam - 10 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44221120054 - Habibah Sabil Muslam - 11 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (JURNAL)
44221120054 - Habibah Sabil Muslam - 12 Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini ingin mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana analisis pemanfaatan fitur-fitur media sosial Instagram melalui unggahan konten untuk membangun brand image pada akun @garagemerch.id (Periode Januari-September 2023). Dalam penelitian ini digunakan 6 orang responden, yang dibagi menjadi key informan dan informan. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer di Indonesia, terutama dalam konteks bisnis. Hal ini disebabkan oleh banyaknya fitur yang disediakan oleh Instagram yang sangat membantu dalam pengelolaan bisnis. Fitur-fitur tersebut sangat beragam dan mudah digunakan. Akun @garagemerch.id, sebagai contoh telah memanfaatkan berbagai fitur dan unggahan kontennya di media sosial Instagram untuk membangun brand image nya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pemanfaatan fitur-fitur media sosial Instagram melalui unggahan konten untuk membangun brand image oleh akun @garagemerch.id dilakukan dengan aktif dan efektif. Keaktifan pemanfaatan fitur-fitur media sosial Instagram melalui unggahan konten oleh akun @garagemerch.id terlihat dari hasil analisis pada bulan Januari-September 2023, dimana akun @garagemerch.id memanfaatkan fitur feed, fitur story Instagram, dan fitur reels, dengan konsisten mengunggah konten menarik yang berisi pesan atau informasi mengenai produk dan hal mengenai permusikkan hingga mendapatkan engagement. Hasil penelitian tersebut juga sudah memenuhi faktor-faktor dalam membangun Brand Image seperti Quality, Trustworthy, Uselfuness, Service, Risk, Price, dan Image. Serta, telah menerapkan ketiga sifat elemen brand yaitu Brand Strength, Brand Favorability, dan Brand Uniqueness. Konten-konten yang diunggah untuk menyampaikan pesan dan informasi juga telah melalui empat cara, diantaranya Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Semua hal yang dilakukan dalam pemanfaatan fitur-fitur media sosial Instagram melalui unggahan konten dalam membangun brand image pada akun @garagemerch.id juga sudah sesuai dengan konsep Digital Public Relations. Kata Kunci : Pemanfaatan, Instagram, Fitur, Konten, Brand Image.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44221120054
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Instagram, Fitur, Konten, Brand Image.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:14
Last Modified: 26 Mar 2024 08:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87609

Actions (login required)

View Item View Item