POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU BIOLOGI, GURU BIMBINGAN KONSELING DAN MURID DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS (STUDI KASUS PENDIDIKAN SEKS DI SMAN 19 JAKARTA)

MUNANDAR, IMAM (2017) POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU BIOLOGI, GURU BIMBINGAN KONSELING DAN MURID DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS (STUDI KASUS PENDIDIKAN SEKS DI SMAN 19 JAKARTA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1 HAL COVER.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8 DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)

Abstract

berkaitan dengan reproduksi manusia dan juga bagaimana cara menghindari seks bebas dan pornografi yang marak terjadi dikalangan remaja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang diterapkan oleh guru Biologi dan guru Bimbingan Konseling dalam proses memberikan pendidikan seks. Adapun yang menjadi identifikasi masalah penelitian ini adalah bagaimana memahami pengertian pendidikan seks, pola komunikasi guru terhadap murid dalam memberikan pendidikan seks, dan cara membangun komunikasi yang baik antara guru dan murid agar murid dapat memahami pengajaran yang diberikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan teori pola komunikasi yang dimana pola komunikasi terbagi tiga, yaitu satu arah, dua arah, dan multi arah. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang dilakukan guru Biologi dan guru Bimbingan Konseling menggunakan pola komunikasi dua arah dan multi arah yang dengan menyiapkan powerpoint dan membentuk kelompok untuk mempresenntasikan materi tentang pendidikan seks kepada temannya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang diterapkan tidak akan berjalan dengan baik jika kelas tidak dalam kondusif, jika kelas dalam keadaan kondusif maka pola komunikasi yang diterapkan akan berjalan dengan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 140
NIM/NIDN Creators: 44213010012
Uncontrolled Keywords: POLA KOMUNIKASI, PENDIDIKAN SEKS
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:18
Last Modified: 26 Mar 2024 02:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87562

Actions (login required)

View Item View Item