SALSABILA, SALSABILA (2017) PERSONAL BRANDING RIDWAN KAMIL DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text (BAB II)
04.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text (BAB III)
05.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
||
Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) |
||
Text (BAB V)
07.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
Abstract
Kehadiran media sosial instagram menjadi warna tersendiri bagi penikmatnya. Mulai dari masyarakat, public figure hingga Pejabat daerah memanfaatkan kehadiran instagram seperti Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Unggahan unggahan Ridwan Kamil di instagram sebagai alat mengekspresikan diri sehingga mampu membranding dirinya. Adapun tujuan dari penelitian ini guna mengetahui konstruksi personal branding Ridwan Kamil di instagram. Landasan teori yang digunakan untuk mendukung skripsi ini adalah sembilan komponen Personal Branding yang mengacu pada Erwin Parengkuan dan Becky Tumewu, Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure, dan Public Relations Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kontrukstivis dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Analisis Semiotika merupakan ilmu yang mengkaji tentang tanda dan makna. Selanjutnya tanda dan makna tersebut peneliti interpretasikan berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian. Hasil dari penelitian ini membahas tentang analisis kegiatan keseharian Ridwan Kamil yang diterapkan dalam kehidupan profesionalnya. Dari hasil penelitian dan pembahasan menemukan, Ridwan Kamil memiliki nilai nilai personal branding yang khas antara lain keunikan pada gaya promosinya, nilai kepemimpinan yang tegas dan merakyat, perilakunya yang humoris, dan penyayang dengan keluarga serta kesederhanaan dalam penampilannya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesembilan komponen personal branding yang telah dikonstruksisan secara terus menerus,sehingga keseluruhan ini membentuk konsep diri Ridwan Kamil sebagai Pejabat daerah yang eksis di media sosial instagram.
Actions (login required)
View Item |