HIJAB DAN TRANSFORMASI NILAI-NILAI MODERNITAS (Kajian Fenomenologi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang Angkatan 2013)

FANIATI, AIDA (2017) HIJAB DAN TRANSFORMASI NILAI-NILAI MODERNITAS (Kajian Fenomenologi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang Angkatan 2013). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
08.HAL DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya fashion hijab yang saat ini memang sudah digemari oleh kebanyakan orang dan adanya trend modernitas yang menyertai pada fashion hijab tersebut. Penelitian fashion hijab ini ditujukan kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang angkatan 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa trend modernitas telah mempengaruhi fashion hijab yang memang sedang berkembang. Dalam penelitian ini membongkar dan membahas tentang transformasi dan nilai-nilai modernitas melalui wawancara mendalam menggunakan analisis fenomenologi. Dengan wawancara mendalam tersebut akan muncul adanya perbedaan dan perbandingan dalam trend fashion hijab. Jenis penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini meneliti para pengguna hijab pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah tangerang angkatan 2013 dengan pemikiran dari teori konstruktivisme. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan pada fashion hijab yang mereka gunakan dari awal pertama menggunakan hijab sampai sekarang. Hijab yang biasa digunakan ialah hijab segiempat hijab pashmina, dan hijab syar’i. hijab syar’i dan hijab segiempat sedang dalam masa trend nya karena sangat mudah digunakan, sedangkan hijab pashmina masih tetap menjadi hijab favorite dari pertama kali Dian Pelangi mengeluarkan ide tersebut. Fashion hijab apapun yang mereka gunakan harus tetap mengikuti zaman dan tetap pada batasnya. Karena mereka juga tidak ingin dilihat atau dicap sebagai seorang yang ketinggalan zaman atau jadul. Adanya perbedaan antara dari fashion hijab zaman dahulu dengan sekarang. Perbedaan tersebut lebih ke arah warna, corak, dan model fashion hijab. Zaman dahulu lebih kearah netral dan gelap dengan paduan fashion sederhana sedangkan zaman sekarang lebih kearah terang dipadukan dengan motif dan fashion hijab yang digunakan un sudah memiliki model yang sangat berbeda dan membuat pemakainya terlihat lebih fashionable.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 090
NIM/NIDN Creators: 44113010154
Uncontrolled Keywords: Trend, Fashion, Hijab, Nilai-nilai Modernitas.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.4 Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment/Pemikiran, Pertimbangan, Penalaran, Intuisi, Nilai, Pendapat > 153.45 Value/Nilai
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 646 Sewing Materials and Equipment, Clothing, Management of Personal and Family Life/Mesin Jahit dan Perlengkapan Menjahit, Pakaian, Management Pribadi dan Keluarga > 646.3 Clothing/Pakaian, Tata Busana, Mode Busana, Fashion
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 23 Mar 2024 03:59
Last Modified: 23 Mar 2024 03:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87441

Actions (login required)

View Item View Item