MELATI, AMELIA SRI (2024) PENGARUH KAMPANYE SAYA PILIH BUMI PROGRAM JERSEY REBORN DI INSTAGRAM TERHADAP PARTISIPAN MENDAUR ULANG LIMBAH FASHION KHALAYAK (Survei Pada Followeers @sayapilihbumi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
44222110076 - Amelia Sri Melati - 02 Cover.pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
44222110076 - Amelia Sri Melati - 03 Abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
44222110076 - Amelia Sri Melati - 04 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
44222110076 - Amelia Sri Melati - 05 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
44222110076 - Amelia Sri Melati - 06 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
44222110076 - Amelia Sri Melati - 07 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
44222110076 - Amelia Sri Melati - 08 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44222110076 - Amelia Sri Melati - 9 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
44222110076 - Amelia Sri Melati - 10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (JURNAL)
44222110076 - Amelia Sri Melati - 11 Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
Abstract
Limbah fashion berbahaya menjadi tantangan global yang perlu diselesaikan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Sebagai respons, Saya Pilih Bumi membuat kampanye Jersey Reborn untuk mengelola jersey tidak terpakai menjadi barang baru bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari kampanye Saya Pilih Bumi program Jersey Reborn di instagram terhadap partisipasi mendaur ulang limbah fashion khalayak. Teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R) digunakan sebagai teori yang akan diuji pada penelitian ini. Variabel Kampanye (X) diukur dengan Model Kampanye Ostergaard, sedangkan Partisipasi Khalayak (X) diukur berdasarkan efek perubahan yang diharapkan menurut Pfau dan Parrot (Venus, 2018). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksplanatif. Dengan metode survei, peneliti menyebar kuesioner daring ke followers akun Instagram @sayapilihbumi. Total responden yang dibutuhkan 100 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling jenis simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kampanye Jersey Reborn di Instagram terhadap partisipasi khalayak. Selain itu, tingkat keeratan hubungan antara kedua variabel kuat dengan nilai korelasi 0,648. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, dapat disimpulkan bahwa Kampanye Jersey Rebor di Instagram mempengaruhi Partisipasi Khalayak sebesar 42%, sedangkan 58% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44222110076 |
Uncontrolled Keywords: | Kampanye lingkungan, Instagram, Teori S-O-R, Perubahan Perilaku, Jersey Reborn |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.5 Relations of Individual to Society/Hubungan antara Individu dan Masyarakat 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 06:40 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 06:40 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |