PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA FOLLOWERS AKUN @estherlubis

KIRANI, ERI TANTRI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA FOLLOWERS AKUN @estherlubis. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (457kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)

Abstract

This study aims to determine whether or not there is an effect of using the Tiktok application (X) on fulfilling information needs (Y). The Tiktok application is a video application with short music which is currently widely used in various circles. The Tiktok application can also provide information that many people may not know. However, Tiktok application users still have to carefully choose information that can be trusted. This is a lot of people need information through social media. So it is hoped that they will be able to select information that really suits their needs and test the truth of the information. One of them is the @eshterlubis account. This account provides quite useful information to the public. This research uses the quantitative method of the positivism paradigm. The population in this study were followers of the Tiktok @eshterlubis account. totaling 916,000 people. The data collection technique used a questionnaire and the data analysis technique used Simple Linear Regression analysis. Sampling using Non-Probability Sampling with Purposive technique, using the Slovin Formula with a sample size of 100 people. The data analysis technique used is simple linear regression analysis technique with the help of the SPSS version 25 application. The results of the data analysis obtained conclusions with the results of the t test results which show that t count 23.377> t table 1.290. So it can be stated that the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted. And the result of R Square is 0.848 or 84.8% which explains that the fulfillment of information needs on @eshterlubis account followers is influenced by the use of the Tiktok application while the remaining 15.2% is influenced by other variables not examined in this study. Keywords : Tiktok Application, Social Media, Fulfillment of information needs Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penggunaan aplikasi Tiktok (X) terhadap pemenuhan kebutuhan informasi (Y). Aplikasi Tiktok merupakan aplikasi video dengan music singkat yang saat ini banyak digunakan diberbagai kalangan. Aplikasi Tiktok juga dapat memberikan informasi yang mungkin banyak tidak diketahui oleh masyarakat. Tetapi, pada pengguna aplikasi Tiktok tetap harus cermat memilih informasi yang dapat dipercaya. Hal ini banyak masyarakat membutuhkan informasi melalui media sosial. Maka diharapkan mampu menyeleksi informasi yang benar-benar sesuai kebutuhan dan teruji kebenaran informasinya. Salah satunya akun @eshterlubis. Akun ini memberikan informasi yang cukup bermanfaat kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif paradigma positivisme. Populasi pada penelitian ini merupakan followers akun Tiktok @eshterlubis. berjumlah 916.000 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive, menggunakan Rumus Slovin dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan Aplikasi SPSS versi 25. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan dengan hasil hasil uji t yang menunjukkan bahwa t hitung 23.377 > t tabel 1,290. Sehingga dapat dinyatakan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dan hasil R Square sebesar 0.848 atau 84,8% yang menjelaskan bahwa pemenuhan kebutuhan informasi pada followers akun @eshterlubis dipengaruhi penggunaan aplikasi Tiktok sedangkan sisanya sebesar 15.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Aplikasi Tiktok, Media Sosial, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 063
Call Number: SK/42/24/038
NIM/NIDN Creators: 44220010270
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Tiktok, Media Sosial, Pemenuhan Kebutuhan Informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca > 028.7 Use of Books and Other Information Media As Sources of Information/Penggunaan Buku dan Media Informasi Lain Sebagai Sumber Informasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 15 Mar 2024 06:34
Last Modified: 16 Mar 2024 04:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87164

Actions (login required)

View Item View Item