PEMAKNAAN BONEKA SEBAGAI SUMBER TEROR DALAM FILM HOROR THE DOLL (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

SAPUTRA, RIAN GIRI (2017) PEMAKNAAN BONEKA SEBAGAI SUMBER TEROR DALAM FILM HOROR THE DOLL (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Halaman Cover.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAKSI)
ABSTRAKSI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
DAFTRA PUSTAKA, LAMPIRAN, CV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)

Abstract

Film merupakan bentuk media massa yang paling efektif dalam mempersuasi audiens. Film dapat mempersuasikan penonton untuk melakukan sebuah keyakinan atau kepercayaan. Dan film The Doll yang dirilis di Indonesia pada bulan November 2016 mendapatkan animo dari masyarakat pada penayangan perdananya. Pada film The Doll ini mengisahkan tentang sebuah boneka milik seorang anak kecil bernama Uci yang menjadi korban pembunuhan sehingga arwah dari anak kecil tersebut merasuki boneka miliknya dulu. Film The Doll tersebut mengandung nilai mistis karena menghubungkan sebuah boneka dengan arwah penasaran. Mistis merupakan sesuatu hal yang tidak rasional. Mistis merupakan sesuatu hal yang berhubungan dengan spiritual dan sulit dijelaskan dengan akal sehat manusia. Mistis juga dibagi menjadi dua, yakni mistis magis putih dan mistis magis hitam.Penelitian ini menggunakan teori kritis dan menggunakan metode kualitatif ini adalah model analisis semiotika milik Roland Barthes. Dengan menggunakan analisis semiotika Barthes diharapkan dapat mengungkapkan makna dibalik tanda atau sign sebuah teks, yang terdapat dalam film The Doll. Karena teori semiotika Roland Barthes sangat tepat untuk digunakan sebagai penelitian film The Doll ini. Hasil penelitian ini membahas mengenai pemaknaan terror yang dilakukan oleh boneka dalam film The Doll, serta membahas mengenai bagaimana cara boneka tersebut dalam meneror. Pemaknaan terror oleh boneka ini dapat mempengaruhi sudut pandang seorang individu dalam menilai sebuah boneka yang dilihatnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 176
NIM/NIDN Creators: 44113010046
Uncontrolled Keywords: PEMAKNAAN BONEKA SEBAGAI SUMBER TEROR DALAM FILM HOROR THE DOLL (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 791 Public Performances/Pertunjukan Umum > 791.4 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Gerak, Radio, Televisi > 791.43 Motion Pictures, Movies, Cinema/Bioskop, Movie, Film Hiburan, Sinema
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:45
Last Modified: 12 Feb 2024 06:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85991

Actions (login required)

View Item View Item