PENGARUH PESAN KAMPANYE #AMANBERSAMAGOJEK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @GOJEKINDONESIA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN TRANSPORTASI GOJEK (Survei Terhadap Followers Akun Instagram Gojek Indonesia)

RAMADHINI, WULAN NOVIANTI (2024) PENGARUH PESAN KAMPANYE #AMANBERSAMAGOJEK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @GOJEKINDONESIA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN TRANSPORTASI GOJEK (Survei Terhadap Followers Akun Instagram Gojek Indonesia). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01.COVER.pdf

Download (444kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB I)
03.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)

Abstract

This research focuses on the extent of influence of the #AmanBersamaGojek campaign message on social media Instagram @gojekindonesia account on the decision to use Gojek transportation services. The #AmanBersamaGojek campaign was initiated by Gojek to create a public space that is safe and friendly for women, so that it can become a reference source that is able to provide knowledge, change people's perceptions and behavior, especially in using Gojek transportation services. This research uses a quantitative approach with a causal positivism paradigm, namely the cause-and-effect relationship of the two variables. The method used was a survey of 1,200,000 followers of the @gojekindonesia Instagram account. Researchers collected data by distributing questionnaires to 100 respondents using a non probability sampling technique, namely purposive sampling. The research results shows that there is a significant influence between the #AmanBersamaGojek campaign message on the decision to use Gojek transportation services with a percentage level of 69.4%. There is an influence of campaign messages on usage decisions as evidenced by the calculated T value of 14,896 > t table 1.2905 with a significance of 0.000 < 0.1. Based on these results, it is known that the results of the hypothesis, namely H0 is rejected and H1 is accepted, then indicating that there is an influence of the campaign message on usage decisions. Keywords: Campaign Message, Gojek, Usage Decisions, Instagram Penelitian ini berfokus pada sejauh mana pengaruh pesan kampanye #AmanBersamaGojek melalui media sosial Instagram pada akun @gojekindonesia terhadap keputusan menggunakan layanan transportasi Gojek. Kampanye #AmanBersamaGojek digaungkan oleh Gojek untuk menciptakan ruang publik yang aman dan ramah untuk perempuan, sehingga dapat menjadi sumber rujukan yang mampu memberikan pengetahuan, mengubah persepsi dan perilaku masyarakat khususnya dalam menggunakan layanan transportasi Gojek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme yang bersifat kausal yaitu hubungan sebab-akibat dari kedua variabel. Metode yang digunakan adalah survei pada followers akun Instagram @gojekindonesia yang berjumlah 1.200.000 followers. Peneliti mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling yakni purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pesan kampanye #AmanBersamaGojek terhadap keputusan menggunakan layanan transportasi Gojek dengan tingkat presentase sebesar 69,4%. Terdapat pengaruh pesan kampanye terhadap keputusan penggunaan terbukti dari nilai T hitung sebesar 14.896 > t tabel 1,2905 dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,1. Berdasarkan pada hasil tersebut, diketahui bahwa hasil pada hipotesis yaitu H0 ditolak dan H1 diterima sehingga menunjukkan adanya pengaruh pesan kampanye terhadap keputusan penggunaan. Kata Kunci: Pesan Kampanye, Gojek, Keputusan Penggunaan, Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 038
Call Number: SK/42/24/019
NIM/NIDN Creators: 44220010065
Uncontrolled Keywords: Pesan Kampanye, Gojek, Keputusan Penggunaan, Instagram.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.8 Will, Volition/Kemauan > 153.83 Choice and Decision/Pilihan dan Keputusan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 12 Feb 2024 04:07
Last Modified: 12 Feb 2024 04:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85968

Actions (login required)

View Item View Item