STRATEGI KOMUNIKASI DINAS BINA MARGA DAN SUMBER DAYA AIR DALAM SOSIALISASI PEMASANGAN PIPA AIR BERSIH DI KELURAHAN KEDAUNG WETAN

ANINDA, VITRANDIA DWI (2017) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS BINA MARGA DAN SUMBER DAYA AIR DALAM SOSIALISASI PEMASANGAN PIPA AIR BERSIH DI KELURAHAN KEDAUNG WETAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER OK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Peran Humas dalam Lembaga Pemerintah menjadi sangat penting, melihat permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Masyarakat masih banyak yang belum memahami akan pentingnya penggunaan air bersih yang layak kualitas kebersihannya, maka itu perlu adanya sosialisasi untuk mengedukasi masyarakat akan suatu hal yang belum mereka ketahui, kemudian memberikan informasi mengenai program pemerintah yang dirancang sebagai pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air dalam kegiatan sosialisasi mengenai pemasangan pipa air bersih, yang dilakukan kepada masyarakat Kelurahan Kedaung Wetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi Dinas Bina Marga dalam menyampaikan pesan melalui sosialisasi pemasangan pipa air bersih. Strategi komunikasi dimulai dengan penentuan khalayak sosialisasi dengan melakukan observasi lapang terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan pesan yang disesuaikan dengan latar belakang masalah yang terjadi di masyarakat. Selanjutnya pemilihan metode yakni metode edukatif, informatif, dan persuasive, dan penggunaan media yang tepat dalam penyampaian pesan. Yang terakhir adalah membahas mengenai hambatan yang terjadi di masyarakat sehingga belum dilakukannya pemasangan pipa air bersih. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air sudah mengarah pada khalayak yang tepat, sehingga pesan yang disampaikan lebih efektif, dengan penyampaian pesan yang disesuaikan pada latar belakang masalah masyarakat,dan juga penggunaan metode dan media yang sesuai dengan kebutuhan khalayak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 088
NIM/NIDN Creators: 44214110207
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI DINAS BINA MARGA DAN SUMBER DAYA AIR DALAM SOSIALISASI PEMASANGAN PIPA AIR BERSIH DI KELURAHAN KEDAUNG WETAN
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:47
Last Modified: 02 Feb 2024 08:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85768

Actions (login required)

View Item View Item