STRATEGI KOMUNIKASI KEMENTERIAN PARIWISATA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PERGERAKAN WISATAWAN LOKAL MELALUI FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL PADA 9 MARET 2016

RACHMAWATI, DWI WULAN (2017) STRATEGI KOMUNIKASI KEMENTERIAN PARIWISATA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PERGERAKAN WISATAWAN LOKAL MELALUI FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL PADA 9 MARET 2016. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena alam GMT 2016 dijadikan sebagai peluang oleh Kemenpar untuk dapat meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke 12 propinsi yang dilewatinya lewat program yang dibuat dengan tema besar Wonderful Total Solar Eclipse 2016.Konsep kerangka acuan yang peneliti gunakan adalah dengan teori Scott M, Cutlip dan Allen H Center yang telah dijelaskan pada sub bab strategi komunikasi bahwa perencanaan tahapan program Public Relations terdapat 4 tahapan yang terdiri dari Fact Finding dengan mengumpulkan data jumlah pergerakan wisatawan nusantara dan target event, Planning & Program yang berpedoman kepada kegiatan yang biasa dilakukan Kemenpar dalam membuat event, Action & Communication mengimplementasikan dan mengkomunikasikan program kepada target atau sasaran dan Evaluating dengan melihat hasil dari kegiatan kemudian didiskusikan kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskripstif. Wawancara secara mendalam dilakukan pada narasumber internal yang berkompeten untuk menjawab tujuan penelitian yaitu seluruh pihak yang berperan serta di bawah naungan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara. Serta dua orang yang ikut menyaksikan GMT secara langsung di titik pengamatan dimana Kemenpar menggelar acara sebagai perwakilan dari narasumber eksternal. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi yang digunakan Kemenpar adalah Fact Finding, Planing & Program, Action & Communication, Evaluasi. Dengan tema acara Wonderful Total Solar Eclipse 2016 yang dilaksanakan pada tahun 2016 dan ternyata menghasilkan tingkat kunjungan wisatawan yang melebihi target yang telah ditentukan pada saat proses awal perencanaan. Hal ini berdasarkan data yang ditarik oleh Kemenpar pasca seluruh event selesai dilaksanakan. https://lib.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 087
NIM/NIDN Creators: 44212120012
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI KEMENTERIAN PARIWISATA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PERGERAKAN WISATAWAN LOKAL MELALUI FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL PADA 9 MARET 2016
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:05
Last Modified: 02 Feb 2024 08:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85762

Actions (login required)

View Item View Item