RESEPSI FOLLOWERS PADA "KONTEN EDUKASI TUGAS AKHIR" DALAM AKUN TIKTOK @buiramira

BINTORO, DEWI MAHARANI (2024) RESEPSI FOLLOWERS PADA "KONTEN EDUKASI TUGAS AKHIR" DALAM AKUN TIKTOK @buiramira. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (475kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)

Abstract

This research aims to understand the followers' interpretation of educational messages related to the Thesis on the TikTok account @buiramira. The study employs the reception analysis research method proposed by Stuart Hall, which places informants in dominant, negotiated, and oppositional positions. The research adopts a qualitative and descriptive approach within the constructivist paradigm. Data collection involves in-depth interviews with 7 informants based on criteria predetermined by the researcher. Triangulation of data sources is utilized in this study. The findings indicate that there are informants in dominant, negotiated, and oppositional positions. It is evident that the dominant position holds the most hegemonic influence, meaning that the audience in this position fully accepts that the educational content on the Final Project addresses the completion of the final project. Ira Mirawati's educational content succeeds in providing understanding, learning, related to the completion of the Final Project. The negotiated position reveals that the audience enjoys educational content but has personal opinions about communication style, content quality, and an inefficient approach. In the oppositional position, the audience rejects the constructed idea that the on-the-ground situation can vary and is influenced by individual differences, making it difficult to generalize education on the @buiramira TikTok account. Keywords: Analysis Reception, Educational Content, TikTok Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan followers terhadap pesan edukasi Tugas Akhir dalam akun TikTok @buiramira. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis resepsi yang dikemukakan oleh Stuart Hall yang menempatkan informan pada posisi dominan, negosiasi, dan oposisi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Paradigma yang digunakan merupakan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dengan 7 informan sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat informan yang berada pada posisi dominan, negosiasi, dan oposisi. Terlihat bahwa posisi dominan hegemoni yang paling unggul, artinya khalayak yang berada pada posisi dominan bisa menerima seutuhnya bahwa dalam tayangan konten edukasi Tugas Akhir memang mengangkat mengenai penyelesaian Tugas Akhir di dalamnya. Pemberian edukasi oleh Ira Mirawati berhasil memberikan pemahaman, pembelajaran, terkait penyelesaian Tugas Akhir. Posisi negosiasi ditunjukkan khalayak bahwa menikmati konten edukasi, tetapi terdapat pendapat pribadi mengenai pembawaan gaya komunikasi, kualitas konten, dan pendekatan yang kurang efisien. Dalam posisi oposisi khalayak menolak apa yang dikonstruksikan, bahwa situasi di lapangan dapat berbeda dan dipengaruhi oleh perbedaan individu, sehingga sulit untuk menyamaratakan edukasi akun TikTok @buiramira. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Konten Edukasi, TikTok

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 24 014
Call Number: SK/41/24/003
NIM/NIDN Creators: 44120010126
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Konten Edukasi, TikTok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
200 Religion/Agama > 200. Religion/Agama > 207 Missions and Religious Education/Misi dan Pendidikan Agama > 207.1 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:35
Last Modified: 25 Jan 2024 08:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85570

Actions (login required)

View Item View Item