STRATEGI REBRANDING PT PINTAR PEMENANG ASIA DALAM PENGEMBANGAN PRODUK DAN MEMBANGUN KEMITRAAN GLOBAL

ZAINAH, SYARIFAH (2024) STRATEGI REBRANDING PT PINTAR PEMENANG ASIA DALAM PENGEMBANGAN PRODUK DAN MEMBANGUN KEMITRAAN GLOBAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (490kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf

Download (424kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT Pintar Pemenang Asia (PINTAR) is an education technology company previously named PT Haruka Evolusi Digital Utama (HarukaEdu) and was founded in 2014. PINTAR is an online education portal that focuses on improving work skills, undergraduate programs for wider career opportunities, as well as HR training for corporations and more advanced communities. The aim of this research is to find out and explain PINTAR's rebranding strategy in developing products and building global partnerships. This research uses descriptive research methods with a qualitative approach and a constructivist paradigm. The theories used are fact finding, planning, communicating, and evaluating presented by Cutlip, Center, and Broom. Data collection techniques were carried out using in-depth interviews with internal and external sources. 4 Key Informants and Informants, documentation and drawing conclusions or verification. The results of this research can show that PINTAR carried out a rebranding strategy with the concepts of repositioning, renaming, redesign and relaunch. The repositioning strategy was carried out by changing the name HarukaEdu, which is closely associated with Japan, with PINTAR which has an Indonesian image. The renaming strategy was carried out by changing the brand name to PINTAR which is easy to remember and pronounce in order to increase the company's brand awareness. PINTAR carried out the redesign strategy by changing the company logo, and choosing red for the product, website and application design logo. The relaunch strategy was carried out by PINTAR through online and on-ground marketing. Keyword : Public Relation, Rebranding Strategy, Partnership. PT Pintar Pemenang Asia (PINTAR) adalah perusahaan education technology yang sebelumnya bernama PT Haruka Evolusi Digital Utama (HarukaEdu) dan di dirikan pada tahun 2014. PINTAR adalah portal pendidikan online yang berfokus pada peningkatan keahlian kerja, program sarjana untuk kesempatan karier lebih luas, serta pelatihan SDM untuk korporasi dan komunitas yang lebih maju. Tujuan dari penelitian ini yang hendak dicapai untuk mengetahui dan menjelaskan strategi rebranding PINTAR dalam mengembangkan produk dan membangun kemitraan global. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan adalah fact finding, planning, communicating, dan evaluating yang dikemukakan oleh Cutlip, Center, dan Broom. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan narasumber internal dan eksternal. Key Informan dan Informan sebanyak 4 orang, dokumentasi dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa PINTAR melakukan strategi rebranding dengan konsep repositioning, renaming, redesign, dan relaunch. Strategi repositioning dilakukan dengan mengganti nama HarukaEdu yang cukup erat dikaitkan dengan Jepang, dengan PINTAR yang memiliki citra Indonesia. Strategi renaming dilakukan dengan mengganti nama brand menjadi PINTAR yang mudah diingat dan diucapkan guna meningkatkan brand awarness perusahaan. Strategi redesign dilakukan PINTAR dengan merubah logo perusahaan, dan memilih warna merah untuk logo desain produk, situs web, dan aplikasi. Strategi relaunch dilakukan oleh PINTAR melalui pemasaran secara online dan on-ground. Kata Kunci : Public Relation, Strategi Rebranding, Kemitraan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 015
Call Number: SK/42/24/009
NIM/NIDN Creators: 44220010218
Uncontrolled Keywords: Public Relation, Strategi Rebranding, Kemitraan.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.2 Acquisitions and Collection Developtment/Akuisisi dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan > 025.28 Acquisition of and Collection Development For Materials on Area Forms/Akuisisi dan Pengembangan Koleksi untuk Bentuk Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.042 Partnerships/Kemitraan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 730 Plastic Arts and Sculpture/Seni Plastik dan Seni Patung > 739 Art Metalwork/Seni Logam, Kerajinan Logam > 739.4 Iron Art Works/Seni Logam Besi > 739.48 Products/Produk
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:37
Last Modified: 25 Jan 2024 07:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85565

Actions (login required)

View Item View Item