NURSHAFIRA PUTRIMANTO, NABILA (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR TEMAN SEBAYA DALAM MEMOTIVASI MENINGKATKAN PRESTASI DI SMAIT YAPIDH BEKASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text
44219210063 - Nabila Nurshafira Putrimanto - 01 Cover.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
44219210063 - Nabila Nurshafira Putrimanto - 02 Abstrak.pdf Download (39kB) | Preview |
|
Text
44219210063 - Nabila Nurshafira Putrimanto - 03 BAB 1-1.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text
44219210063 - Nabila Nurshafira Putrimanto - 04 BAB 2-1.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
44219210063 - Nabila Nurshafira Putrimanto - 05 BAB 3-1.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text
44219210063 - Nabila Nurshafira Putrimanto - 06 BAB 4-1.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
Text
44219210063 - Nabila Nurshafira Putrimanto - 07 BAB 5-1.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
Text
44219210063- Nabila Nurshafira Putrimanto - 09 Daftar Pustaka-1.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text
44219210063 - Nabila Nurshafira Putrimanto - 10 Lampiran-1.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
Abstract
Terjalinnya komunikasi antar teman sebaya di kelas yang buruk karena kemampuan berinteraksi yang berbeda-beda, menimbulkan rendahnya interaksi antar teman sebaya yang menyebabkan siswa tersebut kurang menyesuaikan diri dengan temannya sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang malas mengikuti pelajaran, bolos dan mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Pada saat proses pembelajaran di kelas komunikasi antar teman sebaya sangat penting bagisiswa untuk bersosialisasi, menghargai pendapat, dan saling bertengang rasa. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana komunikasi interpersonal antar teman sebaya dapat memotivasi meningkatkan prestasi di SMAIT YAPIDH Bekasi dengan berfokus penelitian pada kelas XII IPA 3 yang merupakan kelas kompak dan berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan Self Disclosure Theory penelitian ini dapat diteliti dengan baik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah 5 siswa yang memiliki kategori yang berbeda-beda di kelas XII IPA 3 yang dijadikan sebagai informan kunci, dan 2 siswa Kelas XII IPA 3 yang menjadi informan utama, serta 3 guru di SMAIT YAPIDH Bekasi yakni Wali Kelas, Kesiswaan, dan Guru BK yang menjadi informan pendamping. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya komunikasi interpersonal yang baik antar siswa di kelas akan lebih mudah untuk memberikan motivasi belajar kepada temannya. Berdasarkan hasil wawancara dengan sepuluh narasumber, bahwasannya antar teman sebaya di kelas XII IPA 3 saling memotivasi dalam belajar. Dimana siswa di kelas XII IPA 3 ketika belajar saling membantu, memberikan dukungan dan semangat dalam mengerjakan tugas, bahkan hasil nilainya pun meningkat. Kesimpulannya, siswa di kelas XII IPA 3 saling memotivasi dalam belajar. Hal ini terjadi karena adanya komunikasi interpersonal yang baik sehingg
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44219210063 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi interpersonal, teman sebaya, motivasi belajar, keterbukaan diri. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 02:59 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 02:59 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85515 |
Actions (login required)
View Item |