HUBUNGAN PENYAJIAN MEDIA INTERNAL “BERITA JALAN TOL” DAN TINGKAT PENERIMAAN INFORMASI KARYAWAN PT JASA MARGA (PERSERO) Tbk

RIZKI AGUSTIN, RIA (2017) HUBUNGAN PENYAJIAN MEDIA INTERNAL “BERITA JALAN TOL” DAN TINGKAT PENERIMAAN INFORMASI KARYAWAN PT JASA MARGA (PERSERO) Tbk. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
Hal Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)

Abstract

Perkembangan di era global seperti saat ini komunikasi memiliki peran penting, karena melalui komunikasi manusia akan mendapatkan informasi. Pada umumnya proses penyampaian informasi atau pesan di dalam suatu organisasi atau perusahaan berlangsung melalui suatu media komunikasi. Informasi yang dikomunikasikan itu dapat mempunyai arti yang bermacam-macam, terlebih informasi yang ditulis melalui sebuah majalah internal. Oleh karena itu, seorang PR harus mampu membangun komunikasi yang efektif khususnya antar sesama karyawan. Salah satu cara yang digunakan untuk membangun komunikasi yang efektif yaitu melalui majalah internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan hubungan antara penyajian media internal “Berita Jalan Tol” dengan tingkat penerimaan informasi karyawan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey, dan instrument penelitian yang digunakan yaitu kuesioner. Subyek penelitian adalah seluruh karyawan PT. Jasa Marga (Persero) Tbk yang berada di 6 (enam) Divisi, dengan jumlah sampel sebanyak 72 responden. Analisis yang digunakan yakni menggunakan uji korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian media internal “Berita Jalan Tol” dan tingkat penerimaan informasi karyawan memiliki hubungan yang signifikan positif. Hal ini dibuktikan dengan tingkat hubungan yang diperoleh sebesar 0,709 yaitu dengan kategori hubungan yang kuat. Dan besarnya kontribusi variabel Penyajian Media Internal terhadap variabel Tingkat Penerimaan Informasi adalah 0,502 atau 50,2%, sisanya 49,8% merupakan sumbangan variabel lain. Jadi variabel tingkat penerimaan informasi karyawan dipengaruhi oleh variabel selain penyajian media internal yaitu sebesar 49,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penyajian media internal “Berita Jalan Tol” dan tingkat penerimaan informasi karyawan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil kuesioner menunjukkan sebanyak 805 atau 74,5% responden menyatakan setuju.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44213210008
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:09
Last Modified: 17 Jan 2024 03:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85423

Actions (login required)

View Item View Item