AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL BALAI BESAR PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PERTANIAN SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI

DWIHARTIYANI, BELA (2018) AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL BALAI BESAR PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PERTANIAN SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
07. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
08. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
09. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)

Abstract

Media sosial saat ini mulai banyak digunakan baik instansi pemerintahan maupun organisasi sebagai media komunikasi dan menyampaikan informasi kepada khalayak luas atau publik. Salah satu instansi pemerintahan yang memanfaatkan media sosial adalah BBP2TP. Tujuannya untuk membangun hubungan baik dengan publik internal maupun publik eksternal. Oleh karena itu Public Relations dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola media sosial agar informasi yang berkaitan dengan BBP2TP dapat tersampaikan sesuai dengan tujuan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana aktivitas Public Relations dalam mengelola media sosial BBP2TP sebagai media komunikasi dan informasi. Penelitian ini menggunakan landasan teori yang dimanfaatkan oleh E-PR (Cyber PR) perusahaan. Aktivitas Public Relations sepenuhnya mengacu kepada pendekatan manajerial, dimana komunikasi ini mengacu pada empat proses, Fact Finding, Planning, Communication, dan Evaluation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Peneliti mengamati akun media sosial BBP2TP dan melakukan wawancara mendalam kepada empat narasumber pada divisi Pendayagunaan Hasil Pengkajian/PHP. Peneliti melakukan teknik triangulasi sumber untuk memeriksakan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dalam pengelolaan media sosial, kriteria konten yang dipilih oleh Public Relations BBP2TP pesannya harus mengandung news value, aktual, fakta, dan unsur 5W+1H serta menambahan infografis untuk membuat konten semakin menarik. Adapun kendala yang dihadapi dalam pengelolaan media sosial mengenai masalah teknis jaringan internet dan kesulitan dalam menentukan konten. Diharapkan dengan adanya aktivitas pengelolaan media sosial oleh Public Relations dapat dimanfaatkan BBP2TP sebagai peluang untuk membangun hubungan baik dengan publik internal maupun publik eksternal. Sehingga media sosial dapat digunakan sesuai dengan tujuan organisasi perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216310025
Uncontrolled Keywords: Media, Sosial, Informasi, Publik, Cyber, Relations, BBP2TP
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 13 Jan 2024 05:07
Last Modified: 13 Jan 2024 05:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85306

Actions (login required)

View Item View Item