DWIHARTIYANI, BELA (2018) AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL BALAI BESAR PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PERTANIAN SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text
01. HALAMAN JUDUL.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
04. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
06. DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
07. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text
08. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
09. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
||
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
Abstract
Media sosial saat ini mulai banyak digunakan baik instansi pemerintahan maupun organisasi sebagai media komunikasi dan menyampaikan informasi kepada khalayak luas atau publik. Salah satu instansi pemerintahan yang memanfaatkan media sosial adalah BBP2TP. Tujuannya untuk membangun hubungan baik dengan publik internal maupun publik eksternal. Oleh karena itu Public Relations dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola media sosial agar informasi yang berkaitan dengan BBP2TP dapat tersampaikan sesuai dengan tujuan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana aktivitas Public Relations dalam mengelola media sosial BBP2TP sebagai media komunikasi dan informasi. Penelitian ini menggunakan landasan teori yang dimanfaatkan oleh E-PR (Cyber PR) perusahaan. Aktivitas Public Relations sepenuhnya mengacu kepada pendekatan manajerial, dimana komunikasi ini mengacu pada empat proses, Fact Finding, Planning, Communication, dan Evaluation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Peneliti mengamati akun media sosial BBP2TP dan melakukan wawancara mendalam kepada empat narasumber pada divisi Pendayagunaan Hasil Pengkajian/PHP. Peneliti melakukan teknik triangulasi sumber untuk memeriksakan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dalam pengelolaan media sosial, kriteria konten yang dipilih oleh Public Relations BBP2TP pesannya harus mengandung news value, aktual, fakta, dan unsur 5W+1H serta menambahan infografis untuk membuat konten semakin menarik. Adapun kendala yang dihadapi dalam pengelolaan media sosial mengenai masalah teknis jaringan internet dan kesulitan dalam menentukan konten. Diharapkan dengan adanya aktivitas pengelolaan media sosial oleh Public Relations dapat dimanfaatkan BBP2TP sebagai peluang untuk membangun hubungan baik dengan publik internal maupun publik eksternal. Sehingga media sosial dapat digunakan sesuai dengan tujuan organisasi perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44216310025 |
Uncontrolled Keywords: | Media, Sosial, Informasi, Publik, Cyber, Relations, BBP2TP |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 13 Jan 2024 05:07 |
Last Modified: | 13 Jan 2024 05:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85306 |
Actions (login required)
View Item |