MOTIF, MAKNA, DAN PERILAKU KOMUNIKASI MAHASISWI PENGGUNA KOSMETIK DI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA

Rosyadi, Mutiara Chalisha (2023) MOTIF, MAKNA, DAN PERILAKU KOMUNIKASI MAHASISWI PENGGUNA KOSMETIK DI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
44220010128- Mutiara Chalisha Rosyadi - 02 Cover.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
44220010128 - Mutiara Chalisha Rosyadi - 03 Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44220010128 - Mutiara Chalisha Rosyadi - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB 2)
44220010128 - Mutiara chalisha Rosyadi - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB 3)
44220010128 - Mutiara Chalisha Rosyadi - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB 4)
44220010128 - Mutiara Chalisha Rosyadi - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB 5)
44220010128 - Mutiara Chalisha Rosyadi - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44220010128 - Mutiara Chalisha Rosyadi - 10 Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44220010128 - Mutiara Chalisha Rosyadi - 11 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (JURNAL)
44220010128 - Mutiara Chalisha Rosyadi - 12 Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)

Abstract

Terdapat perbedaan dalam cara bersosialisasi dan berkomunikasi pada setiap individu. Ada yang merasa komunikasi akan lebih mudah jika kepercayaan diri tinggi dengan tampilan fisik yang rapi. Sehingga pada hal ini wanita khususnya mahasiswi memiliki dorongan dalam diri untuk meningkatkan penampilan lebih menarik dengan menggunakan kosmetik sebagai suatu motif untuk meningkatkan kepercayaan diri. Maka perlu diketahui motif beberapa mahasiswi pengguna kosmetik, di mana penelitian ini dilakukan di lingkungan Program Studi Ilmu komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk memberikan gambaran suatu gejala sosial tertentu. Fenomenologi berasal dari bahasa Yunani, phainomenon (menampakkan diri) dan logos (akal budi). Fenomenologi merupakan pendekatan yang berfungsi untuk memahami suatu realitas yang berbicara tentang kesadaran manusia terkait fenomena yang terjadi pada lingkungan disekitarnya. Subjek penelitian adalah mahasiswi berusia 19-22 tahun yang menggunakan kosmetik di program studi Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana dan memiliki pengalaman yang menarik tentang kosmetik dibalik penggunannya. Kosmetik diartikan sebagai bentuk komunikasi interpersonal untuk menambah citra diri dan memiliki pesan artifaktual dalam ranah komunikasi non verbal. Hasil yang didapatkan adalah penggunaan kosmetik pada mahasiswi telah dilakukan sejak duduk di bangku sekolah dan memiliki motif dorongan internal dan eksternal. Motif internal yaitu untuk membangun citra diri, mendapat perhatian dari lawan bicara, dan menutupi kekurangan diri. Sedangkan motif eksternal didasari oleh faktor dorongan orang terdekat, ajakan, tuntutan pekerjaan, dan pengalaman masa lalu yang meningkatkan rasa percaya diri atau mengekspresikan diri dibanding saat tidak menggunakan kosmetik. Makna terkait penggunaan kosmetik yang digunakan mahasiswi memiliki arti untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengekspresikan diri. Kata kunci: Motif, makna, kosmetik, komunikasi, fenomenologi.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220010128
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Motif, makna, kosmetik, komunikasi, fenomenologi.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 23 Dec 2023 03:29
Last Modified: 23 Dec 2023 03:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84874

Actions (login required)

View Item View Item