PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG BAHASA ISYARAT BISINDO TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DENGAN KARYAWAN PENYANDANG TULI (Survei Pada Konsumen di Sunyi Coffee Barito)

AMARIVA, SALSABILA PUTRI (2023) PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG BAHASA ISYARAT BISINDO TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DENGAN KARYAWAN PENYANDANG TULI (Survei Pada Konsumen di Sunyi Coffee Barito). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (419kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)

Abstract

This study aims to identify and explain the effect of Knowledge of BISINDO Sign Language on the Effectiveness of Communication with Employees with Deaf Disabilities. The method in this study uses quantitative methods based on the positivism paradigm. The population used in this study were Sunyi Coffee consumers, totaling 2,700 accumulated from July to October. Withdrawal of samples using purposive sampling technique which is calculated by the Slovin formula with the results of 96 respondents. Data analysis test using SPSS 16, the value of non-verbal communication increases by 0.700 and if there is no increase in the value of Knowledge, then the value of non-verbal communication is 17.413. The data obtained states that the regression coefficient is positive and the direction of influence of Knowledge (X) on the variable Non-Verbal Communication (Y) is positive with a large influence of 72,7%. Therefore, the knowledge of BISINDO Sign Language can affect the effectiveness of Sign Language Non-Verbal Communication, especially with deaf people. Keywords: Knowledge, Non Verbal Communication, Effectiveness, BISINDO Sign Language, Sunyi Coffee Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui serta menjelaskan pengaruh dari Pengetahuan Tentang Bahasa Isyarat BISINDO terhadap Efektivitas Komunikasi dengan Karyawan Penyandang Disabilitas Tuli. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berlandaskan paradigma positivisme. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen Sunyi Coffee yang berjumlah 2.700 diakumulasi dari periode Juli sampai dengan Oktober. Penarikan sample menggunakan teknik purposive sampling yang dihitung dengan rumus Slovin dengan hasil 96 responden. Uji analisis data menggunakan SPSS 16, nilai komunikasi non verbal bertambah sebesar 0,700 dan apabila tidak ada kenaikan pada nilai Pengetahuan, maka nilai komunikasi non verbal adalah 17,413. Data yang diperoleh ini menyebutkan bahwa koefisien regresi ini bernilai positif dan arah pengaruh Pengetahuan (X) terhadap variabel Komunikasi Non Verbal (Y) adalah positif dengan besar pengaruhnya sebanyak 72,7%. Oleh sebab itu, adanya Pengetahuan Tentang Bahasa Isyarat BISINDO dapat mempengaruhi keefektivan Komunikasi Non Verbal Bahasa Isyarat khususnya dengan penyandang tuli. Kata Kunci: Pengetahuan, Komunikasi Non Verbal, Efektivitas, Bahasa Isyarat BISINDO, Sunyi Coffee

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 212
NIM/NIDN Creators: 44219010133
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Komunikasi Non Verbal, Efektivitas, Bahasa Isyarat BISINDO, Sunyi Coffee
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 04 Dec 2023 05:55
Last Modified: 04 Dec 2023 05:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84546

Actions (login required)

View Item View Item