STRATEGI KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD SWASTA AN-NUR JAKARTA

FRISTIANINGSIH, VERONIKA (2021) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD SWASTA AN-NUR JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB. 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB. 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB. 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB. 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB. 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Pembelajaran melalui media online yang dilaksanakan selama pandemic covid-19, menyebabkan penurunan motivasi siswa. Untuk itu Guru dan Orangtua harus menjalin komunikasi yang baik dan bekerja sama untuk memberikan motivasi belajar Siswa melalui media online. Konsep penelitian ini menggunakan Teori Joseph De Vito (1997) yang mengemukakan ada beberapa aspek dalam komunikasi interpersonal yaitu, keterbukaan, suportif, positif, empati dan kesetaraan. Penelitian ini dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode wawancara mendalam pada Wali kelas 1, Orangtua dan Siswa kelas 1 di SD Swasya An-Nur Jakarta. Dimana peneliti mewawancarai narasumber untuk mengumpulkan data primer dan mengumpulkan data sekunder melalui dokumentasi, artikel, kepustakaan dan literature riview. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi antara Guru dan Orang Tua menggunakan pendekatan komunikasi interpersonal yang cenderung suportif dan empati. Metode pembelajaran yang digunakan guru menggunakan metode pendekatan belajar sambil bermain. Dan selama pembelajaran daring hambatan yang ditemui yaitu minimnya interaksi antara Guru dan Siswa menyebabkan Siswa sulit menerima materi dari Sekolah, dan hambatan lainnya yaitu sulitnya mendapatkan media alat untuk kegiatan praktek. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Media Online, Motivasi, Strategi Komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217120106
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Media Online, Motivasi, Strategi Komunikasi
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:54
Last Modified: 29 Nov 2023 05:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84397

Actions (login required)

View Item View Item