PENGELOLAAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PENGGUNA TINDER DALAM PENCARIAN JODOH (Studi Fenomenologi dikalangan Mahasiswa Universitas Mercu Buana Menteng)

FERNANDO, FERNANDO (2021) PENGELOLAAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PENGGUNA TINDER DALAM PENCARIAN JODOH (Studi Fenomenologi dikalangan Mahasiswa Universitas Mercu Buana Menteng). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Cover - Fando Fernando.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1 - Fando Fernando.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img]
Preview
Text (BAB II)
03 Bab 2 - Fando Fernando.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3 - Fando Fernando.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4 - Fando Fernando.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5 - Fando Fernando.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka - Fando Fernando.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran - Fando Fernando.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)

Abstract

Tinder merupakan aplikasi pencarian jodoh secara online dan memberikan perubahan cara dari setiap orang dalam menemukan jodoh atau pasangan dalam hidup mereka. Sebelum adanya Tinder proses mendapatkan pasangan biasanya melewati beberapa tahap yang harus dilakukan secara langsung dan tidak dalam konteks online atau internet. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana fenomena pencarian jodoh melalui Tinder dan bagaimana komunikasi yang terjadi didalamnya sebagai tempat mendapatkan pasangan hidup. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami motif penggunaan dan pengelolaan dari komunikasi antar pribadi yang terjadi antar pengguna. Penelitian ini menggunakan Teori komunikasi antar pribadi, Penetrasi Sosial, dan hubungan antar pribadi untuk memperkuat hasil yang didapatkan. Teori-teori ini menjadi dasar untuk peneliti dalam melakukan penelitian sehingga peneliti dapat memperkaya hasil penelitian. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivis, dan menggunakan metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah tokoh - tokoh yang berpengalaman dengan kasus yang diteliti sebagai informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam sebagai data primer dan data rekaman wawancara berupa teks, foto dan beberapa studi pustaka sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa para informan menggunakan Tinder karena anjuran dari teman. Setiap informan mengalami keterbatasan waktu dan lingkungan dalam mencari pasangan, karena kesibukan tersebut maka membuat mereka menjadikan Tinder sebagai solusi untuk mendapatkan jodoh. Hubungan antar pribadi terbentuk melalui tahapan-tahapan perkembangan hubungan. Selain keterbukaan diri, perlu kerjasama dan komunikasi antar pribadi yang baik antara kedua belah pihak supaya hubungan bisa menjadi lebih intim. Kata kunci : Komunikasi antar Pribadi, Keterbukaan diri, Tinder.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217110185
Uncontrolled Keywords: Komunikasi antar Pribadi, Keterbukaan diri, Tinder.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:59
Last Modified: 29 Nov 2023 03:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84389

Actions (login required)

View Item View Item