HOTMAULINA, HOTMAULINA (2021) OPINI PUBLIK PADA IKLAN TAHUNAN YOU.C1000 DI AKUN INSTAGRAM @YOUC1000VITAMIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
01 Cover.pdf Download (553kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
Abstract
Opini publik pada suatu komentar di media sosial dapat memberikan pemaknaan beragam sebagai dampak komunikasi. Bagi perusahaan-perusahaan tertentu opini publik sangat penting untuk menunjukkan dan membentuk citra perusahaan kepada khalayak dengan berbagai macam tujuan yang dapat diketahui melalui media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki feedback yang cepat dan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemaknaan komentar-komentar pada konteks teks dan emoji yang diberikan para pengikut pada iklan tahunan YOU.C1000 di akun media sosial Instagramnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi oleh Roland Barthes. Hasil penelitian ini membahas mengenai opini publik pada iklan tahunan YOU.C1000 melalui media sosial Instagram, kemudian bagaimana pemaknaan opini publik yang terbentuk dari berbagai opini tersebut, dengan demikian peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai membangun opini publik pada iklan di media sosial. Kesimpulannya bahwa opini publik pada iklan tahunan di media sosial instagramnya sudah sesuai dengan teori-teori yang ada, yakni faktor yang mempengaruhi opini publik yaitu komponen affect, behavior dan cognition serta dari hasil analisis terbentuk mitos opini publik yaitu pemaknaan dukungan. Kata Kunci : Opini publik, Komentar, Instagram
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44217110116 |
Uncontrolled Keywords: | Opini publik, Komentar, Instagram |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | CALVIN PRASETYO |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 03:15 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 03:15 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84386 |
Actions (login required)
View Item |