POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI 13 TANGERANG DALAM MEMBANGUN KONSEP DIRI POSITIF SISWA (Studi Kasus Deskriptif Siswa Kelas 12 Ips SMA Negeri 13 Tangerang)

SARI, WULAN PERMATA (2021) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI 13 TANGERANG DALAM MEMBANGUN KONSEP DIRI POSITIF SISWA (Studi Kasus Deskriptif Siswa Kelas 12 Ips SMA Negeri 13 Tangerang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan salah satu jenis komunikasi yang digunakan oleh guru bimbingan konseling untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan siswa saat di sekolah. Komunikasi interpersonal dengan konsep diri merupakan suatu keterkaitan yang dekat yang dilakukan oleh guru BK dalam membentuk konsep diri positif seorang siswa. Terlebih lagi dengan siswa SMA kelas 12 yang akan memasuki dunia perkuliahan konsep diri positif sangat dibutuhkan. Permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 13 Tangerang seperti kasus bullying, perilaku menyimpang pada siswa serta perilaku ketidaksiplinan. Paradigma penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme, metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif karena penelitian ini menggambarkan mengenai pola komunikasi interpersonal dalam membangun konsep diri positif siswa kelas 12 Ips SMA Negeri 13 Tangerang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui wawancara langsung serta melalui Whatsapp call dengan siswa karena kondisi yang tidak memungkinkan. Penelitian ini menggunakan teori Johari Window untuk mengetahui tingkat keterbukaan dan tingkat kesadaran pada diri siswa SMA Negeri 13 Tangerang. Hasil penelitian ini berisi pembahasan mengenai pola komunikasi interpersonal guru bimbingan konseling SMA Negeri 13 Tangerang. Pola komunikasi interpersonal yang dilakukan guru bimbingan konseling SMA Negeri 13 Tangerang adalah pola komunikasi interpersonal dua arah digunakan pada kasus siswa menyontek, kedisiplinan siswa pemasalahan yang masih ringan dan transaksional digunakan pada permasalahan kasus bullying, kasus siswa merokok memakai seragam karena memerlukan beberapa peran orang untuk sumber informasi. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Johari Window Konsep Diri Positif, Guru Bimbingan Konseling Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216010101
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Johari Window Konsep Diri Positif, Guru Bimbingan Konseling Siswa.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:40
Last Modified: 27 Nov 2023 02:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84343

Actions (login required)

View Item View Item