INDRIANI, LELY FITRIAN (2021) ANALISIS SEMIOTIKA CITRA PRESIDEN JOKOWI PADA KONTEN INSTAGRAM @TEMPODOTCO “BENCANA INI BUATAN MANUSIA” (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
Abstract
Content is a form of information through electronic media used to convey messages. The existence of Instagram content is a tremendous significant and potential to change the public opinion in various ways. One of them can increase and create the image of the Head of Country, President Mr Joko Widodo, illustrated on @tempodotco’s Instagram content "BENCANA INI BUATAN MANUSIA". Researcher has been interested to study more deeply the signs which are there on the content, because this content reaps the pros and cons in public that can be seen from the comments and the engagements they get is fantastic compared to the average number of likes and comments that others @tempodotco’s contents. Image is the public’s impression and opinion on the object (a person, company, organization, etc). New Media has a function offering authentic and timely facts and opinions about various events and situations to the audience as informative item. Instagram is a form of New Media, a type of social media that is included into the content category. Semiotics analysis is paradigmatic, it means trying to find the meaning of hidden things, in this research to study the meaning of signs on Instagram content. This research uses a qualitative approach with a constructivism paradigm. The signs will be analyzed using the semiotic model of Charles Sanders Peirce. There are 2 units of analysis that will be studied from the content, visual which illustrated President Jokowi, caption and hashtag. Researcher will analyze this content both verbally and nonverbally. In the viral content, Tempo uses a lot of verbal and nonverbal signs in giving messages to the public that communicates the image of President Jokowi. This is the researcher's reason to study using semiotic studies from Charles Sanders Pierce. Researchers found many signs that use verbal and nonverbal messages. Tempo creates a negative image of the figure of President Jokowi through every sign implied in the visual, caption, or hashtag on that Instagram content, related to the flood disaster in South Kalimantan. The Instagram content is an effective platform for providing information to the public, which can lead public opinion or the public to assume a negative view of the President's image. Keywords: Image, Instagram Content, Verbal & Nonverbal Communication, Charles Sanders Peirce's Semiotics Konten adalah segala bentuk informasi melalui media elektronik yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Keberadaan Konten Instagram menjadi media yang sangat signifikan dan potensial merubah opini masyarakat dalam berbagai hal. Salah satunya dapat menaikkan dan membentuk citra Kepala Negara, Presiden Bapak Joko Widodo yang tergambar pada salah satu konten Instagram milik @tempodotco “BENCANA INI BUATAN MANUSIA”. Peneliti tertarik untuk meneliti jauh lebih dalam tanda-tanda yang terdapat dalam konten tersebut karena konten ini menuai pro-kontra di masyarakat yang dapat dilihat dari isi comment dan jumlah engangement yang didapat fantastis dibandingkan rata-rata jumlah likes dan comment yang didapat @tempodotco pada konten lainnya. Citra merupakan kesan dan gambaran masyarakat terhadap objek (seseorang, perusahaan, organisasi, dan sebagainya). New Media memiliki fungsi menawarkan fakta dan opini yang otentik dan tepat waktu tentang berbagai peristiwa dan situasi kepada khalayak sebagai item informatif. Instagram adalah salah satu bentuk New Media jenis media sosial yang masuk kedalam kategori jenis konten. Analisis Semiotika bersifat paradigmatic dalam arti berupaya menemukan makna dari hal-hal tersembunyi, dalam penelitian ini yakni mempelajari makna dari suatu tanda pada Konten Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Tanda-tanda yang didapat akan dianalisis menggunakan model semiotika Charles Sanders Peirce. Terdapat 2 unit analisis yang akan dikaji dari konten yaitu visual yang terdapat gambar Presiden Jokowi dan caption serta hashtag yang dipilih. Peneliti akan menganalisis konten ini baik secara vebal maupun nonverbal. Dalam konten yang viral tersebut, Tempo banyak menggunakan tanda-tanda verbal dan nonverbal dalam memberikan pesan kepada masyarakat yang mengkomunikasikan citra Presiden Jokowi. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian menggunakan kajian semiotika dari Charles Sanders Pierce. Peneliti menemukan banyak tanda yang menggunakan pesan verbal dan nonverbal. Tempo memberikan gambaran citra negatif dari sosok Presiden Jokowi melalui setiap tanda yang tersirat dalam visual, caption, maupun hashtag pada konten Instagram tersebut yang ada kaitannya dengan bencana banjir di Kalimantan Selatan. Konten Instagram ini menjadi platform yang efektif memberikan informasi kepada masyarakat, yang dapat menggiring opini publik atau khalayak dalam berpandangan negatif terhadap citra Presiden. Kata Kunci: Citra, Konten Instagram, Komunikasi Verbal & Nonverbal, Semiotika Charles Sanders Peirce
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44217110099 |
Uncontrolled Keywords: | Citra, Konten Instagram, Komunikasi Verbal & Nonverbal, Semiotika Charles Sanders Peirce |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 07:38 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:38 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83556 |
Actions (login required)
View Item |