PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PESANTRENDAQU UNTUK MEMBENTUK CITRA POSITIF PONDOK PESANTREN DAARUL QUR’AN

ABDI, KRISANDI AJI PRASETYO (2020) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PESANTRENDAQU UNTUK MEMBENTUK CITRA POSITIF PONDOK PESANTREN DAARUL QUR’AN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Other (HAL COVER)
Cover.PDF

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)

Abstract

Pesantren is currently not widely known as an educational institution active in its use on social media. But not with Daarul Qur’an Islamic Boarding School, this leading islamic education institution uses social media as ameans to convey information and show the organization’s image. The purpose of this research is to find out how the usage of Instagram @pesantrendaqu social media as a means to form a positive image of the Daarul Qur’an Islamic Boarding School. The use of social media is one way that can add value to the existence of social media itself. The method of delivering and selecting the right media can be a distinct advantage for an organization that is able to make the most of it. One of the new media used in this research is Instagram. The paradigm used in this stud is a constructivist paradigm, with a qualitative approach. This type of research uses qualitative case study research methods. Data collection techniques using obeservation,in-depth interviews,literature study and documentation. Then the research results are presented in the form of descriptive writing. The results of this study indicate (1) Regarding the purpose of creating an @pesantrendaqu Instagram account, namely to disseminate information about the Daarul Qur’an Islamic Boarding School to the public (2) Segmentation targeted at its publications includes all groups (3) The @pesantrendaqu account uses all the features contained in Instagram to form a positive image including Instastory,IGTV,Upload Photos and Videos with additional captions (4) Stages of Marketing PR has an important role in the entire implementation of Instagram as utilization in forming a positive image. Keywords : Instagram,Media Publication,Image, Islamic Boarding School. Pondok Pesantren saat ini belum banyak dikenal sebagai lembaga pendidikan yang aktif dalam pengunaanya di media sosial. Namun tidak dengan Pondok Pesantren Daarul Qur’an, lembaga pendidikan islam terkemuka ini menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan informasi serta menunjukkan citra organisasi di mata khalayak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media sosial Instagram @pesantrendaqu sebagai sarana untuk membentuk citra positif pondok pesantren Daarul Qur’an. Pengelolaan yang baik pada media sosial merupakan salah satu cara yang dapat menambah nilai guna dari eksistensi media sosial itu sendiri. Metode penyampaian dan pemilihan media yang tepat dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi suatu organisasi yang mampu mengelola secara maksimal. Salah satu media baru yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instagram. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivistik, dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam,studi pustaka dan dokumentasi. Kemudian hasil penelitian disajikan dalam bentuk tulisan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Mengenai tujuan dari pembuatan akun Instagram @pesantrendaqu yaitu untuk menyebarkan informasi tentang Pondok Pesantren Daarul Qur’an kepada khalayak (2) Segmentasi yang disasar pada publikasinya meliputi seluruh kalangan (3) Akun @pesantrendaqu menggunakan seluruh fitur yang terdapat dalam Instagram untuk membentuk citra positifnya antara lain Instastory,IGTV,Unggah Foto dan Video dengan tambahan caption (4) Tahapan Marketing PR memiliki peranan penting dalam seluruh pelaksanaan pemanfaatan media sosial Instagram dalam membentuk citra positif. Kata kunci : Instagram,Media Publikasi,Citra,Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44215010121
Uncontrolled Keywords: Instagram,Media Publikasi,Citra,Pondok Pesantren.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:49
Last Modified: 30 Oct 2023 06:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83549

Actions (login required)

View Item View Item