NURLIYANI, HIDAYATI (2020) PENGARUH KAMPANYE “PENTINGNYA POSYANDU” MELALUI WHATSAPP MESSENGER TERHADAP KUNJUNGAN ORANG TUA. (Survey di Puskesmas Kelurahan Kelapa Gading Barat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
Abstract
Posyandu merupakan jenis Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang pernah paling memasyarakat di Indonesia. Namun belakangan ini kepopulerannya mulai pudar seiring dengan menurunnya semangat dan motivasi para kader, kurangnya kaderisasi di tiap Posyandu dan kader kurang memperhatikan terhadap kegiatan Posyandu maka kegiatannya tidak bisa berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan teori stimulus respon yang dikemukakan oleh Hovland (1953). Menurut teori stimulus response ini, dalam proses komunikasi, berkenaan dengan perubahan sikap adalah aspek “how” bukan “what” dan “why”. Jelasnya how to communicate dalam hal ini how to change the attitude, bagaimana mengubah sikap komunikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif kampanye melalui WhatsApp Messenger mengenai posyandu yang dilakukan oleh kader, mengetahui sikap orang tua balita serta mengetahui pengaruh kampanye melalui WhatsApp Messenger yang dilakukan kader terhadap sikap orang tua balita di puskesmas Kelapa Gading Barat. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma positivism. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah data primer yang kemudian diolah dengan aplikasi SPSS dan data sekunder dengan cara mempelajari buku dan jurnal ilmiah yang berkaitan dengan materi penelitian ini. Hasil penelitian yang telah dilakukan, kader posyandu sudah cukup kuat dalam menjalankan tugasnya yaitu memberikan kampanye melalui media yaitu WhatsApp Messenger kepada orang tua balita, kader posyandu berusaha untuk melakukan kewajibannya dalam memberikan informasi yang baik kepada orang tua balita sehingga pada akhirnya kegiatan posyandu berjalan dengan lancar tanpa adanya gap antara yang didata oleh kader dengan kunjungan orang tua balita. Kata Kunci : Kampanye, WhatsApp Messenger, S – O – R
Actions (login required)
View Item |