IMPLEMENTASI AISAS MODEL PODJOK KOPI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

ALVIRA, BELLA (2023) IMPLEMENTASI AISAS MODEL PODJOK KOPI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
01. COVER.pdf

Download (348kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB I)
03. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)

Abstract

The development of technology and communication in the business worldis getting faster. Social media is one of the important things used by businesspeople in carrying out their promotions, one of which is in the coffee shopbusiness. Podjok Kopi is aware that in the midst of increasingly fierce competitionfor taste, attractive visual presentations can be a deciding point for consumers. For this reason, Digital Public Relations is one of their promotional strategies byutilizing the Instagram platform. This study aims to find out how Podjok Kopi'sAISAS strategy is implemented in an effort to build brand awareness and aim toincrease the number of customers based on Instagram social media accounts. This study uses a qualitative approach using the Case Study method. Thetheory used in this study is the AISAS model theory. Data collection techniques inthis study used in-depth interview techniques with informants, namely the owner of Podjok Kopi, social media marketing, and predetermined consumers. Theresearch results were tested using triangulation techniques and tested qualitatively. The results of this study indicate that Instagram social media is quiteeffective and can have a significant influence on the public in recognizing aproduct. Podjok Kopi has implemented the AISAS model at each stage. Theresponses that were obtained from consumers regarding the results of thestrategies that had been carried out also varied. Keywords: AISAS, Brand Awareness, Instagram, Coffee Shop. Perkembangan teknologi dan komunikasi dalam dunia bisnis semakincepat. Media sosial menjadi salah satu hal penting yang digunakan pebisnis dalammelakukan promosi mereka, salah satunya dalam bisnis coffee shop. Podjok Kopi sadar bahwa ditengah persaingan tentang rasa semakin ketat, sajian visual yangmenarik dapat menjadi poin penentu bagi konsumen. Untuk itu Digital PublicRelations menjadi salah satu strategi promosi mereka dengan memanfaatkanplatform Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimanaimplementasi strategi AISAS yang dilakukan Podjok Kopi dalam upayamembangun brand awareness dan bertujuan meningkatkan jumlah pelangganberbasis akun sosial media Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakanmetode Studi Kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model AISAS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanteknik wawancara mendalam terhadap informan yaitu owner dari Podjok Kopi, social media marketing, dan konsumen yang telah ditentukan. Hasil penelitiandiuji dengan teknik triangulasi dan diuji secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media sosial Instagram cukupefektif dan dapat memberikan pengaruh yang signifikan bagi masyarakat dalammengenal suatu produk. Podjok Kopi telah menerapkan model AISAS pada setiaptahapannya. Respon yang di dapatkan dari konsumen mengenai hasil dari strategi yang telah dilakukan juga bervariatif. Kata Kunci: AISAS, Brand Awareness, Instagram, Coffee Shop.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 142
NIM/NIDN Creators: 44218110052
Uncontrolled Keywords: AISAS, Brand Awareness, Instagram, Coffee Shop.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:43
Last Modified: 21 Oct 2023 03:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83012

Actions (login required)

View Item View Item