PERSONAL BRANDING DUTA GENRE 2017 KALIMANTAN TIMUR MELALUI INSTAGRAM DALAM MEWUJUDKAN TEGAR REMAJA (Pendapat Followers Pada Akun Instagram @radhika.drmwn)

ARIEF, MUHAMMAD (2023) PERSONAL BRANDING DUTA GENRE 2017 KALIMANTAN TIMUR MELALUI INSTAGRAM DALAM MEWUJUDKAN TEGAR REMAJA (Pendapat Followers Pada Akun Instagram @radhika.drmwn). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (472kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Radhika Darmawan is the 2017 East Kalimantan Genre Ambassador who builds her personal branding through the social media Instagram. Radhika builds personal branding to create tough teenagers, where tough teens mean teenagers who behave positively, avoid the KRR triad (Sexuality, Drugs, HIV/AIDS), have preparation for family life to create a happy small family. The aim of this research is to find out how the personal branding of the 2017 East Kalimantan genre ambassadors via Instagram creates tough youth.Konsep yang digunakan dalam mendukung penelitian ini, diantaranya yaitu teori public relations, personal branding, dan new media. In this research, the paradigm used is Post-Positivism with the method used is descriptive qualitative. Data collection was carried out by means of interviews involving 6 informants from Radhika Darmawan's Instagram followers for primary data and research documentation for secondary data. Data analysis techniques are carried out by reducing data, presenting data and drawing conclusions. The data validity checking technique uses source triangulation. The results of the study show that Radhika Darmawan has succeeded in building a strong personal branding through Instagram with three dominant elements, namely specialization, distinction, and good name. Radhika managed to provide information as well as educational messages through content uploaded via her Instagram social media account page. This has had a good impact on creating strong youth in East Kalimantan so that young people avoid free sex, drugs and HIV/AIDS. Keywords: Social Media, Instagram, Generasi Berencana (GenRe), New Media, Personal Branding. Radhika Darmawan merupakan Duta Genre 2017 Kalimantan Timur yang membangun personal brandingnya melalui media sosial Instagram. Radhika membangun personal branding untuk mewujudkan tegar remaja dimana tegar remaja berarti remaja yang berperilaku positif yang terhindar dari triad KRR (Seksualitas, Napza, HIV/AIDS), mempunyai persiapan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan keluarga kecil yang bahagia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana personal branding duta genre 2017 Kalimantan Timur melalui Instagram dalam mewujudkan tegar remaja. Konsep yang digunakan dalam mendukung penelitian ini, diantaranya yaitu teori public relations, personal branding, dan new media. Dalam penelitian ini paradigma yang digunakan adalah Post-Positivisme dengan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara yang melibatkan 6 informan dari followers Instagram Radhika Darmawan untuk data primernya dan dokumentasi penelitian untuk data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Pada teknik pemerika keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radhika Darmawan berhasil membangun personal branding yang kuat melalui Instagram dengan tiga elemen yang dominan yaitu elemen spesialisasi, perbedaan, dan nama baik. Radhika berhasil memberikan informasi dan juga pesan edukasi melalui konten-konten yang diunggah melalui laman akun media sosial Instagramnya. Hal ini memberikan dampak yang baik untuk mewujudkan tegar remaja di Kalimantan Timur agar para remaja terhindar dari seks bebas, narkoba dan HIV/AIDS. Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Generasi Berencana (GenRe), New Media, Personal Branding

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 175
Call Number: SK/42/23/101
NIM/NIDN Creators: 44219010081
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Generasi Berencana (GenRe), New Media, Personal Branding
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:07
Last Modified: 03 Nov 2023 03:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82672

Actions (login required)

View Item View Item