MAHESTI, PUTERI LUTFIANA (2023) PENGARUH PENYAMPAIAN INFORMASI TENTANG BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI PROVINSI BANTEN MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL TWITTER @infoBMKG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KHALAYAK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (COVER)
01 Cover.pdf Download (528kB) |
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (84kB) |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Twitter social media is the right place to share ideas, idea banks, to inspire thoughts, see what friends are doing and get various information, one of which is information about natural disasters. One account that always provides information about natural disasters is the Twitter account @infoBMKG. The aim of this research is to determine the effect of conveying information on the @infoBMKG account regarding earthquake natural disasters on the knowledge and attitudes of the public in Banten province and its surroundings. This research uses the Uses and Effect Theory. This research approach is explanatory quantitative with a positivism paradigm. This research method is a survey, collecting data through questionnaires to 100 respondents. The results showed that there was an insignificant effect between the earthquake natural disaster information variable (X) on public knowledge (Y1). This was indicated by the SigF value of 0.119 > 0.05, meaning H1 was accepted and H0 was rejected. And there is a significant influence between the earthquake natural disaster information variable (X), on audience attitudes (Y2). This is indicated by the SigF value of 0.001 <0.05, meaning that H2 is accepted and H0 is rejected. Keywords: Twitter, Earthquake Information, Audience Knowledge, Audience Attitude, @infoBMKG. Media sosial Twitter adalah tempat yang tepat untuk berbagi ide, bank gagasan, untuk menginspirasi pikiran, melihat apa yang dilakukan oleh teman dan mendapatkan berbagai informasi, salah satunya adalah informasi mengenai bencana alam. Salah satu akun yang selalu memberikan informasi mengenai bencana alam adalah akun Twitter @infoBMKG. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyampaian informasi pada akun @infoBMKG mengenai bencana alam gempa bumi terhadap pengetahuan dan sikap khalayak di provinsi Banten dan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Effect. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan paradigma positivisme. Metode penelitian ini adalah survei, pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara variabel informasi bencana alam gempa bumi (X), terhadap pengetahuan khalayak (Y1) hal ini ditunjukkan dengan nilai SigF 0.119 >0,05 dengan artian H1 diterima dan H0 Ditolak. Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel informasi bencana alam gempa bumi (X), terhadap sikap khalayak (Y2) hal ini ditunjukkan dengan nilai SigF 0.001<0,05 dengan artian H2 diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Twitter, Informasi Gempa Bumi, Pengetahuan Khalayak, Sikap Khalayak, @infoBMKG.
Actions (login required)
View Item |