PENGARUH PENYAMPAIAN INFORMASI TENTANG BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI PROVINSI BANTEN MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL TWITTER @infoBMKG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KHALAYAK

MAHESTI, PUTERI LUTFIANA (2023) PENGARUH PENYAMPAIAN INFORMASI TENTANG BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI PROVINSI BANTEN MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL TWITTER @infoBMKG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KHALAYAK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (528kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Twitter social media is the right place to share ideas, idea banks, to inspire thoughts, see what friends are doing and get various information, one of which is information about natural disasters. One account that always provides information about natural disasters is the Twitter account @infoBMKG. The aim of this research is to determine the effect of conveying information on the @infoBMKG account regarding earthquake natural disasters on the knowledge and attitudes of the public in Banten province and its surroundings. This research uses the Uses and Effect Theory. This research approach is explanatory quantitative with a positivism paradigm. This research method is a survey, collecting data through questionnaires to 100 respondents. The results showed that there was an insignificant effect between the earthquake natural disaster information variable (X) on public knowledge (Y1). This was indicated by the SigF value of 0.119 > 0.05, meaning H1 was accepted and H0 was rejected. And there is a significant influence between the earthquake natural disaster information variable (X), on audience attitudes (Y2). This is indicated by the SigF value of 0.001 <0.05, meaning that H2 is accepted and H0 is rejected. Keywords: Twitter, Earthquake Information, Audience Knowledge, Audience Attitude, @infoBMKG. Media sosial Twitter adalah tempat yang tepat untuk berbagi ide, bank gagasan, untuk menginspirasi pikiran, melihat apa yang dilakukan oleh teman dan mendapatkan berbagai informasi, salah satunya adalah informasi mengenai bencana alam. Salah satu akun yang selalu memberikan informasi mengenai bencana alam adalah akun Twitter @infoBMKG. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyampaian informasi pada akun @infoBMKG mengenai bencana alam gempa bumi terhadap pengetahuan dan sikap khalayak di provinsi Banten dan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Effect. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan paradigma positivisme. Metode penelitian ini adalah survei, pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara variabel informasi bencana alam gempa bumi (X), terhadap pengetahuan khalayak (Y1) hal ini ditunjukkan dengan nilai SigF 0.119 >0,05 dengan artian H1 diterima dan H0 Ditolak. Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel informasi bencana alam gempa bumi (X), terhadap sikap khalayak (Y2) hal ini ditunjukkan dengan nilai SigF 0.001<0,05 dengan artian H2 diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Twitter, Informasi Gempa Bumi, Pengetahuan Khalayak, Sikap Khalayak, @infoBMKG.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 174
Call Number: SK/42/23/099
NIM/NIDN Creators: 44219010146
Uncontrolled Keywords: Twitter, Informasi Gempa Bumi, Pengetahuan Khalayak, Sikap Khalayak, @infoBMKG.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:44
Last Modified: 02 Nov 2023 07:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82625

Actions (login required)

View Item View Item