“IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER ENGANGEMENT” (Studi Kasus : Media Sosial Instagram @Berrybenka Tahun 2021)

TURANGAN, EZRA AUDREY MEYKE (2022) “IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER ENGANGEMENT” (Studi Kasus : Media Sosial Instagram @Berrybenka Tahun 2021). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Cyber Public Relations dalam Pengelolaan Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Customer Engagement” dengan Latar belakang masalah persaingan dunia bisnis di era globalisasi semakin ketat sehingga perusahaan di tuntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam mengelola perusahaan nya. Pengguna media sosial pun terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun karena media sosial dapat diakses dimanapun dan kapanpun sehingga hal ini membuat praktisi cyber public relations @Berrybenka memanfaatkan Instagram sebagai platform untuk meningkatkan engagement customernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Cyber Public Relations @Berrybenka dalam pengelolaan media sosial instagramnya untuk meningkatkan customer engagement dan untuk mengetahui sudah berada dimanakah tahapan customer engagement yang dicapai oleh official account instagram @Berrybenka. Penelitian ini menggunakan konsep peran humas menurut Dozier D.M yang kemudian dikaitkan dengan konsep Cyber PR lalu konsep tahapan customer engagement menurut Dave Evans. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metedo penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif (menggambarkan atau melukiskan) tentang keadaan objek secara sistematis dan akurat berdasarkan fakta, data dan informasi yang di kumpulkan di lapangan secara terperinci mengenai bagaimana penerapan Cyber PR @Berrybenka dalam menggunakan media komunikasi online. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi kepustakaan. Hasil Penelitian ini menunjukan Implementasi dari Cyber PR @Berrybenka dalam mengelola media sosial Instagram untuk meningkatkan customer engagement yaitu meliputi peran kehumasan sebagai fasilitator komunikasi, fasilitator komunikasi pemecahan masalah, penasehat ahli, dan sebagai teknisi komunikasi dalam mengelola media sosial Instagramnya. Dan penelitian ini menemukan hasil bahwa pemanfaatan media sosial instagram @Berrybenka dalam meningkatkan customer engagement sudah mencapai tahapan creation yaitu tahapan ketiga dari tahapan customer engagement Dave Evans. Hal tersebut tidak lepas dari tujuan utamanya, yaitu membina hubungan harmonis antara perusahaan dengan customernya, menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarluaskan informasi dari perusahaan kepada publik serta melayani publiknya. Kata Kunci : Implementasi, Cyber Public Relations, Peranan Humas, Customer Engagement, Media Sosial, Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44218210062
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Cyber Public Relations, Peranan Humas, Customer Engagement, Media Sosial, Instagram.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 24 Aug 2024 03:03
Last Modified: 24 Aug 2024 03:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82610

Actions (login required)

View Item View Item