ANALISIS ISI KUALITATIF GAYA BAHASA PEMBERITAAN TERKAIT PAILITNYA PT GARUDA INDONESIA TBK PERSERO DI MEDIA DARING NASIONAL (PERIODE 2020 - 2022)

ANNISAWATI, DITA (2023) ANALISIS ISI KUALITATIF GAYA BAHASA PEMBERITAAN TERKAIT PAILITNYA PT GARUDA INDONESIA TBK PERSERO DI MEDIA DARING NASIONAL (PERIODE 2020 - 2022). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (847kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)

Abstract

Online news from year to year has developed quite significantly and makes it easier for people to read news on online media. And this makes a lot of positive news and negative news. The type of research used in this research is descriptive qualitative with a stylistic content analysis method. Here the researcher examines the content analysis of the language style of the news about the bankruptcy of PT Gartuda Indonesia.As an airline company that carries the flag of the Indonesian Nation, Garuda Indonesia, especially Public Relations, certainly seeks to minimize the crisis that occurs in the company. If the crisis is not resolved quickly, it will greatly affect the company's reputation in the future. Where the researchers concluded that the use of language style issued by kompas.com uses several language style models such as metaphor, hyperbole, association, allusion, euphemism, synecdoche and hypocrisy. Keywords: Garuda Indonesia, Bankruptcy, Communication, Language Style Berita Online dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan dan memudahkan masyarakat untuk membaca berita pada media online. Dan hal tersebut menjadikan banyaknya berita positif maupun berita negatif. Salah satunya mengenai berita negatif yang memberitakan tentang PT. Garuda Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisi isi gaya bahasa. Disini peneliti meneliti tentang analisis isi gaya bahasa pemberitaan tentang pailitnya PT. Gartuda Indonesia. Sebagai perusahaan penerbangan yang membawa bendera Bangsa Indonesia yaitu Garuda Indonesia, terutama Humas pastinya berupaya untuk meminimalisir krisis yang terjadi pada perusahaan. Apabila krisis tidak diselesaikan dengan cepat maka hal itu akan sangat berpengaruh pada reputasi perusahaan kedepannya. Dimana peneliti mengambil kesimpulan bahwa penggunaan gaya bahasa yang dikeluarkan oleh kompas.com menggunakan beberapa model gaya bahasa seperti Gaya bahasa metafora, hiperbola, asosiasi, alusi, eufemisme, sinekdok dan hipalase. Kata kunci : Garuda Indonesia, Pailit, Komunikasi, Gaya Bahasa

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 23 037
NIM/NIDN Creators: 55220110030
Uncontrolled Keywords: Garuda Indonesia, Pailit, Komunikasi, Gaya Bahasa
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:01
Last Modified: 13 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82471

Actions (login required)

View Item View Item