PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2022 UNIVERSITAS MERCUBUANA JAKARTA (Survey Kepada Mahasiswa Broadcasting Fakultas Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 Universitas Mercubuana)

NUGROHO, RENDRA BHAKTI ADI (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2022 UNIVERSITAS MERCUBUANA JAKARTA (Survey Kepada Mahasiswa Broadcasting Fakultas Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 Universitas Mercubuana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (531kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)

Abstract

In this case the internet is also an application-based business tool, The "Tik Tok" app is one of the fastest growing social media platforms in the world. The TikTok application features short videos that have a variety of music support, including dance, freestyle, and many more, encouraging the creativity of its users to become content creators and imagine freely. This research was conducted to determine the Effect of TikTok Social Media on the Creativity of Broadcasting Students of the Faculty of Communication Sciences Class of 2022, Mercubuana University Jakarta. This research uses the Positivism Paradigm. The method used in this research is survey research method. The sample of this study took 144 people to be used as respondents. In this study, researchers used total sampling techniques. The correlation test for the variable Influence of Tiktok Application Users on the Creativity of Broadcasting Students at Universitas Mercu Buana 2022 produces a figure of 0.334 which indicates that the correlation coefficient is positive (+) so it can be concluded that the correlation of this study is positive (+) which is unidirectional in nature, a correlation test is considered significant if it has results less than 0.05. In this study, the result of the correlation test between the TikTok Application (X) and Student Creativity (Y) is 0.000 <0.05, so the correlation test results are significant between Variable X and Variable Y. Based on the test results above, it can be concluded that the correlation test is significant. Based on the test results above, it can be concluded that, H0 is rejected and Ha is accepted. which means that there is a significant influence between variable X (Tiktok Application) if tested together or simultaneously affects variable Y (Student Creativity). Keywords: Creativity, Tiktok Application, Students, Research Results. Dalam hal ini internet juga merupakan alat bisnis berbasis aplikasi. Aplikasi “Tik Tok” adalah salah satu platform media sosial yang perkembangannya paling cepat di dunia. Aplikasi TikTok menampilkan video pendek ini memiliki dukungan musik yang beragam ada tarian, gaya bebas, dan masih banyak lagi sehingga mendorong kreativitas penggunanya menjadi konten kreator dan berimajinasi sebebas-bebasnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Kreativitas Mahasiswa Broadcasting Fakultas Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 Universitas Mercubuana Jakarta. Penelitian ini menggunakan Paradigma Positivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Sampel penelitian ini mengambil sebanyak 144 orang untuk dijadikan responden. Didalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik total sampling. Uji korelasi untuk variabel Pengaruh Pengguna Aplikasi Tiktok terhadap Kreativitas Mahasiswa Broadcasting Universitas Mercu Buana 2022 menghasilkan angka 0,334 yang menunjukkan bahwa koefisien korelasi adalah positif (+) sehingga dapat disimpulkan bahwa korelasi dari penelitian ini positif (+) yang sifat nya searah, sebuah uji korelasi tergolong signifikan apabila memiliki hasil kurang dari 0,05. Dalam penelitian ini, hasil dari uji korelasi antara Aplikasi TikTok (X) terhadap Kreativitas Mahasiswa (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hasil uji korelasinya adalah signifikan antara Variabel X dengan Variabel Y. Berdasarkan hasil uji diatas, dapat disimpulkan bahwa, H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X ( Aplikasi Tiktok ) jika diuji secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap variabel Y ( Kreativitas Mahasiswa) Kata Kunci : Kreativitas , Aplikasi Tiktok, Mahasiswa, Hasil Penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 23 085
NIM/NIDN Creators: 44117120015
Uncontrolled Keywords: Kreativitas , Aplikasi Tiktok, Mahasiswa, Hasil Penelitian.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.3 Value, Influence, Effect/Nilai, Pengaruh, Efek
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:29
Last Modified: 13 Oct 2023 02:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82448

Actions (login required)

View Item View Item