KHOTIMAH, SHALMA NUR (2023) PENGARUH PESAN PADA DRAMA KOREA SELATAN TRUE BEAUTY TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU LIFESTYLE BUDAYA KOREA (SURVEY PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @wowkdrama.id). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
44219210020 - Shalma Nur Khotimah - 01 Cover.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
44219210020 - Shalma Nur Khotimah - 02 Abstrak.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
44219210020 - Shalma Nur Khotimah - 03 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text
44219210020 - Shalma Nur Khotimah - 04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text
44219210020 - Shalma Nur Khotimah - 05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
||
Text
44219210020 - Shalma Nur Khotimah - 06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
||
Text
44219210020 - Shalma Nur Khotimah - 07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text
44219210020 - Shalma Nur Khotimah - 08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text
44219210020 - Shalma Nur Khotimah - 09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
Abstract
K-drama merupakan bagian Korean Wave yang paling banyak digemari oleh masyarakat di dunia, salah satunya Indonesia. Salah satu Kdrama yang populer di Indonesia yaitu True Beauty. Dengan populernya Kdrama ini memicu berbagai perubahan perilaku lifestyle di masyarakat. Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesan pada drama Korea Selatan True Beauty terhadap perubahan perilaku lifestyle budaya Korea Selatan pada pengikut akun instagram @wowkdrama.id. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei tahun 2023, dengan metode survey kepada 100 responden pengikut akun Instagram @wowkdrama.id, dengan teknik penarikan sampel simple random sampling dan menerapkan teori AIDDA (Wilbur Schramm dalam Fitri, 2022). Hasil uji T menunjukan bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 6,938 > 1,660, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Serta hasil uji determinasi yang memperoleh R Square sebesar 32,9%, sedangkan 67,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam model regresi tersebut. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh pesan dari drama korea selatan True Beauty terhadap perubahan perilaku lifestyle budaya korea, terutama pada pengikut akun instagram @wowkdrama.id. Kata Kunci : K-drama, Gaya Hidup, Kecantikan, Instagram, Korea Selatan K-drama merupakan bagian Korean Wave yang paling banyak digemari oleh masyarakat di dunia, salah satunya Indonesia. Salah satu Kdrama yang populer di Indonesia yaitu True Beauty. Dengan populernya Kdrama ini memicu berbagai perubahan perilaku lifestyle di masyarakat. Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesan pada drama Korea Selatan True Beauty terhadap perubahan perilaku lifestyle budaya Korea Selatan pada pengikut akun instagram @wowkdrama.id. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei tahun 2023, dengan metode survey kepada 100 responden pengikut akun Instagram @wowkdrama.id, dengan teknik penarikan sampel simple random sampling dan menerapkan teori AIDDA (Wilbur Schramm dalam Fitri, 2022). Hasil uji T menunjukan bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 6,938 > 1,660, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Serta hasil uji determinasi yang memperoleh R Square sebesar 32,9%, sedangkan 67,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam model regresi tersebut. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh pesan dari drama korea selatan True Beauty terhadap perubahan perilaku lifestyle budaya korea, terutama pada pengikut akun instagram @wowkdrama.id. Kata Kunci : K-drama, Gaya Hidup, Kecantikan, Instagram, Korea Selatan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR 23 009 |
NIM/NIDN Creators: | 44219210020 |
Uncontrolled Keywords: | K-drama, Gaya Hidup, Kecantikan, Instagram, Korea Selatan |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 06:51 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 07:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81941 |
Actions (login required)
View Item |