CHAERUNISA, PRAYUNI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER @SBMPTNFESS TERHADAP PEMENUHAN INFORMASI DI KALANGAN PENGIKUTNYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
44219210003 - Prayuni Chaerunisa - 01 Cover.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
44219210003 - Prayuni Chaerunisa - 02 Abstrak.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text
44219210003 - Prayuni Chaerunisa - 03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
Text
44219210003 - Prayuni Chaerunisa - 04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
44219210003 - Prayuni Chaerunisa - 05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
Text
44219210003 - Prayuni Chaerunisa - 06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
||
Text
44219210003 - Prayuni Chaerunisa - 07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
||
Text
44219210003 - Prayuni Chaerunisa - 08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text
44219210003 - Prayuni Chaerunisa - 09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) |
Abstract
Kehadiran internet merupakan bagian dari media baru yang telah mengubah cara manusia dalam berkomunikasi untuk memperoleh tujuan atau kebutuhan tertentu seperti informasi melalui media sosial. Twitter merupakan salah satu media sosial yang berada di posisi sepuluh besar sebagai media sosial yang populer saat ini dengan perolehan angka sebesar 60,2% di antara para pengguna internet di Indonesia. Munculnya fenomena akun auto base pada Twitter yang memungkinkan para penggunakan untuk melakukan pengakuan (confession) secara anonim untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya melalui akun menfess (mention confess) seperti salah satunya @Sbmptnfess. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media sosial Twitter @Sbmptnfess terhadap pemenuhan informasi di kalangan pengikutnya. Teori yang digunakan di antaranya media baru, uses and gratification, penggunaan media sosial, dan kebutuhan informasi. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif jenis eksplanatif dengan metode survei. Pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang ditentukan melalui non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, koefisien korelasi, analisis regresi linear, dan uji parsial (uji t). Hasil dari penelitian ini menujukkan terdapat korelasi yang tinggi antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,697 dan pengaruh penggunaan media sosial Twitter @Sbmptnfess terhadap pemenuhan informasi di kalangan pengikutnya, yaitu sebesar 48,6% sedangkan sisanya 51,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Media Sosial, Twitter, Pemenuhan Informasi. The presence of the internet is part of the new media has transformed human communication to achieve specific goals or needs, such as obtaining information through social media. Twitter is one of the top ten popular social media platforms, with a significant 60.2% user base among internet users in Indonesia. The phenomena of auto base accounts on Twitter, like @Sbmptnfess, allows users to make anonymous confessions and interact with others. The purpose of this research is to find out how far the influence of social media Twitter @Sbmptnfess use on the fulfilling the information among their followers. In this research used an explanatory type quantitative approach with survey method. This research collected data by distributing questionnaires to 100 respondents determined through non-probability sampling with purposive sampling technique. Data analysis techniques include validity test, reliability test, normality technique, correlation coefficient, linear regression analysis, and partial test (t-test). The results of this study showed there was a high correlation between variable X to variable Y of 0,697 and the influence of social media Twitter @Sbmptnfess use on the fulfillment the information among their followers, which was 48.6% while the remaining 51.4% was influenced by other factors that were not studied in this study. Key Words: Social Media, Twitter, Fulfilment Information.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR 23 007 |
NIM/NIDN Creators: | 44219210003 |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Twitter, Pemenuhan Informasi |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 06:42 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 06:42 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81937 |
Actions (login required)
View Item |