ANALISIS REBRANDING DALAM INDUSTRI PARIWISATA (Studi Kasus PT Panorama JTB Tours Indonesia Tahun 2017)

HANDINY MS, HENNY KUSUMA (2019) ANALISIS REBRANDING DALAM INDUSTRI PARIWISATA (Studi Kasus PT Panorama JTB Tours Indonesia Tahun 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (41415010039)
04.LEMBAR PERSETUJUUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG, LEMBAR PENGESAHAN & PENGESAHAN PERBAIKAN SIDA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB II)
08.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB III)
09.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (BAB V)
11.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)

Abstract

Perkembangan pariwisata dunia yang menunjukkan tren positif menyebabkan banyak negara di dunia yang menggarap sektor pariwisata dengan lebih serius. Salah satu peluang bisnis yang tersedia seiring perkembangan industri pariwisata ini adalah bisnis agen perjalanan wisata, di mana salah satu pemain di Indonesia adalah PT Panorama JTB Tours Indonesia dengan nama merek dagang Panorama JTB Tours yang ingin memperluas pangsa pasarnya dengan melakukan rebranding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses rebranding yang dilakukan Panorama JTB Tours tahun 2017 dengan menggunakan konsep Mari Ahonen, yaitu corporate rebranding process model, di mana terdapat 4 tahapan, yaitu: analyzing, planning, implementation, evaluation. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumen perusahaan serta melalui beberapa situs web. Hasil penelitian menunjukan bahwa Panorama JTB Tours menjalankan tahapan rebranding sesuai dengan konsep Mari Ahonen terkecuali tahapan evaluasi yang tidak dilakukan. Panorama JTB Tours memulai tahapan analisa dari memahami situasi, hal yang ada di balik rebranding, pengambilan keputusan, perubahan struktur, strategi serta performa perusahaan sehingga melakukan sebuah re-positioning dengan mengubah segmenting, targeting dan positioningnya. Re-naming nama merek dagang dari Panorama Tours menjadi Panorama JTB Tours. Re-structuring di mana terdapat expatriate Jepang yang bekerja mulai dari level karyawan hingga direktur, sedangkan untuk jabatan tertinggi masih dipegang oleh warga negara Indonesia. Re-designing logo terbaru, visual color, font hingga konten berubah yang disesuaikan dengan target market baru. Implementasi yang dilakukan internal melalui email, meeting, dan messenger group discussion sedangkan untuk eksternal melalui sebuah event travel fair tunggal tahunan. Kata Kunci: Industri pariwisata, Merek, Rebranding.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 228
Call Number: SK/43/19/009
NIM/NIDN Creators: 44312110059
Uncontrolled Keywords: Industri pariwisata, Merek, Rebranding
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 511 General Principles of Mathematics
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 511 General Principles of Mathematics > 511.4 Approxiamations and Expansions/Prakiraan dan Ekspansi
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:02
Last Modified: 25 Jan 2024 01:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80645

Actions (login required)

View Item View Item