HANDINY MS, HENNY KUSUMA (2019) ANALISIS REBRANDING DALAM INDUSTRI PARIWISATA (Studi Kasus PT Panorama JTB Tours Indonesia Tahun 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (41415010039)
04.LEMBAR PERSETUJUUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG, LEMBAR PENGESAHAN & PENGESAHAN PERBAIKAN SIDA.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
07.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text (BAB II)
08.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB III)
09.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
||
Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
||
Text (BAB V)
11.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
Abstract
Perkembangan pariwisata dunia yang menunjukkan tren positif menyebabkan banyak negara di dunia yang menggarap sektor pariwisata dengan lebih serius. Salah satu peluang bisnis yang tersedia seiring perkembangan industri pariwisata ini adalah bisnis agen perjalanan wisata, di mana salah satu pemain di Indonesia adalah PT Panorama JTB Tours Indonesia dengan nama merek dagang Panorama JTB Tours yang ingin memperluas pangsa pasarnya dengan melakukan rebranding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses rebranding yang dilakukan Panorama JTB Tours tahun 2017 dengan menggunakan konsep Mari Ahonen, yaitu corporate rebranding process model, di mana terdapat 4 tahapan, yaitu: analyzing, planning, implementation, evaluation. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumen perusahaan serta melalui beberapa situs web. Hasil penelitian menunjukan bahwa Panorama JTB Tours menjalankan tahapan rebranding sesuai dengan konsep Mari Ahonen terkecuali tahapan evaluasi yang tidak dilakukan. Panorama JTB Tours memulai tahapan analisa dari memahami situasi, hal yang ada di balik rebranding, pengambilan keputusan, perubahan struktur, strategi serta performa perusahaan sehingga melakukan sebuah re-positioning dengan mengubah segmenting, targeting dan positioningnya. Re-naming nama merek dagang dari Panorama Tours menjadi Panorama JTB Tours. Re-structuring di mana terdapat expatriate Jepang yang bekerja mulai dari level karyawan hingga direktur, sedangkan untuk jabatan tertinggi masih dipegang oleh warga negara Indonesia. Re-designing logo terbaru, visual color, font hingga konten berubah yang disesuaikan dengan target market baru. Implementasi yang dilakukan internal melalui email, meeting, dan messenger group discussion sedangkan untuk eksternal melalui sebuah event travel fair tunggal tahunan. Kata Kunci: Industri pariwisata, Merek, Rebranding.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PKP. 19 228 |
Call Number: | SK/43/19/009 |
NIM/NIDN Creators: | 44312110059 |
Uncontrolled Keywords: | Industri pariwisata, Merek, Rebranding |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 511 General Principles of Mathematics 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 511 General Principles of Mathematics > 511.4 Approxiamations and Expansions/Prakiraan dan Ekspansi 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:02 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 01:51 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80645 |
Actions (login required)
View Item |