PERAN HUMAS DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DKIJAKARTA (Studi Kasus Pada Bidang Komunikasi Publik Di Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Provinsi DKI Jakarta)

FAHMI, FAISAL (2023) PERAN HUMAS DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DKIJAKARTA (Studi Kasus Pada Bidang Komunikasi Publik Di Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Provinsi DKI Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)

Abstract

The need for information services through Instagram social media is increasing day by day. Public Relations of the Information and Statistics Communication Service which utilizes social media Instagram on the @dkijakarta account as a public information medium in terms of publishing and content promoting activities, the latest policies, events and so on. This research was conducted to analyze the Role of Public Relations in Managing Social Media Instagram @dkijakarta (Case Study in the Field of Public Communication at the DKI Jakarta Province Information and Communication Communication Service). The type of research used is descriptive with a qualitative approach. The method used is interview. As for the validity of the data is done by triangulation of data from in-depth interviews. As for the concept of using the stages of the PR strategy process according to Cutlip and Center. The results of this study indicate that Discominfotik public relations acts as a problemsolving process facilitator, communicator facilitator and technician. The function and purpose of Public Relations has a role to cover and document any information obtained. The consideration of Public Relations in using social media is through the development of digitalization which makes public relations must be able to show adaptation to the use of social media. Keywords: Public Relations, Role of Public Relations, Social Media, Management Kebutuhan pelayanan informasi melalui media sosial Instagram semakin hari semakin meningkat. Humas Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik yang memanfaatkan media sosial Instagram pada akun @dkijakarta sebagai media informasi publik dalam hal mempublikasikan dan konten mempromosikan kegiatan, kebijakan terbaru, acara dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa Peran Humas Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @dkijakarta (Studi Kasus Pada Bidang Komunikasi Publik Di Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Provinsi DKI Jakarta). Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara. Sedangkan untuk keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dari wawancara mendalam. Sedangkan untuk konsep menggunakan tahapan proses strategi Humas menurut Cutlip and Center. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehumasan Diskominfotik berperan sebagai problem solving process facilitator, communicator facilitator dan technician. Fungsi dan tujuan Humas memiliki peran untuk meliput dan mendokumentasi setiap informasi yang diperoleh. Pertimbangan Humas dalam menggunakan media sosial adalah melalui perkembangan digitalisasi yang membuat kehumasan harus dapat menunjukkan adaptasi terhadap penggunaan media sosial. Kata Kunci: Humas, Peran Humas, Media Sosial, Pengelolaan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 106
Call Number: SK/42/23/062
NIM/NIDN Creators: 44218120010
Uncontrolled Keywords: Humas, Peran Humas, Media Sosial, Pengelolaan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Annas Tsabatulloh
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:20
Last Modified: 14 Sep 2023 06:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80627

Actions (login required)

View Item View Item