PRAMESWARI, AJENG DYAH (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 126 JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
44219210052 - Ajeng Dyah Prameswari - 01 Cover.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
44219210052- Ajeng Dyah Prameswari - 02 Abstrak.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
44219210052 - Ajeng Dyah Prameswari - 03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text
44219210052 - Ajeng Dyah Prameswari - 04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text
44219210052 - Ajeng Dyah Prameswari - 05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
Text
44219210052 - Ajeng Dyah Prameswari - 06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text
44219210052 - Ajeng Dyah Prameswari - 07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text
44219210052 - Ajeng Dyah Prameswari - 09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text
44219210052 - Ajeng Dyah Prameswari - 10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
Abstract
ABSTRAK Saat ini masih terdapat banyak siswa yang memiliki kualitas belajar yang terbilang buruk. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang merasa malas belajar, menyalin tugas temannya, dan mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Tentunya hal ini terjadi akibat proses komunikasi interpersonal diantara guru dan siswa berjalan dengan buruk, padahal komunikasi berperan penting di dalam memotivasi belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mencari tahu alasan komunikasi interpersonal yang baik diantara guru dan siswa dapat berdampak dalam memotivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi belajar siswa di SMPN 126 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Di dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneliti mewawancarai 2 orang guru di SMPN 126 Jakarta Timur yang dijadikan sebagai informan kunci, dan 2 orang siswa di SMPN 126 Jakarta Timur yang dijadikan sebagai informan utama. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang baik diantara guru dan siswa merupakan hal yang penting, dikarenakan hal ini dapat menciptakan hubungan baik diantara guru dan siswa. Akibat terjalinnya hubungan yang baik inilah guru dapat memotivasi belajar siswa. Kesimpulannya, para siswa di SMPN 126 Jakarta Timur telah termotivasi dalam belajar. Hal ini terjadi akibat adanya komunikasi interpersonal yang sudah berjalan dengan baik diantara guru dan siswa, sehingga guru dan siswa dapat menjalin hubungan baik. Maka dari itu, ketika guru memberikan motivasi kepada para siswa, siswa dapat memberikan respon yang positif. Kata Kunci :Komunikasi Interpersonal, Guru, Siswa, Motivasi, Belajar. ABSTRACT Nowadays, many students still have a bad quality of learning. This can be proven by many students who feel lazy to study, copying their friends assignments and getting unsatisfactory grades. It happened because of bad interpersonal communication between teachers and students, whereas communication is an important role to motivate students in learning. Therefore, researchers are interested to find out the reason good interpersonal communication between teachers and students can have an impact on motivating students in learning. The purpose of this research is to see how teacher interpersonal communication to motivate student in learning at 126 Junior High School. This research uses a qualitative approach with descriptive methods, in collecting data using in-depth interviews, and documentation. The research interviewed two teachers at 126 Junior High School who were used as key informants, and two students who were used as the main informants. The results of this research that a good interpersonal communication between teachers and students is important because it can create a good relationship between the students and the teachers. The teacher can motivate students in learning by establishing a good relationship. The conclusion is that the 126 Junior High School students are already motivated to learn. It can happen because there is a good interpersonal communication between the teachers and the student. So the teacher and the students can establish a good relationship. Therefore, when the teacher gives motivation to students, students will bring a positive response. Keywords: Interpersonal Communication, Teacher, Student, Motivation, Study
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR 23 027 |
NIM/NIDN Creators: | 44219210052 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Guru, Siswa, Motivasi, Belajar. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 23 May 2023 04:33 |
Last Modified: | 23 May 2023 04:33 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77539 |
Actions (login required)
View Item |