ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS AKUN TWITTER @CATCHMEUP SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PUTRI, MARSHANDA AMALIA (2023) ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS AKUN TWITTER @CATCHMEUP SEBAGAI MEDIA INFORMASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44219210051 - Marshanda Amalia Putri - 01 Cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210051 - Marshanda Amalia Putri - 02 Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
44219210051 - Marshanda Amalia Putri - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
44219210051 - Marshanda Amalia Putri - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
44219210051 - Marshanda Amalia Putri - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
44219210051 - Marshanda Amalia Putri - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
44219210051 - Marshanda Amalia Putri - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
44219210051 - Marshanda Amalia Putri - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
44219210051 - Marshanda Amalia Putri - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan media saat ini menjadi latar belakang penelitian ini, dimana @catchmeup memberikan warna baru dalam dunia berita di Indonesia yang membuat paradigma baru dalam masyarakat. Twitter saat ini menjadi alat komunikasi media sosial yang efektif dalam pertukaran informasi. @catchmeup memanfaatkan media sosial Twitter untuk membagikan konten beritanya. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana resepsi khalayak dalam konten berita pada akun Twitter @catchmeup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui interpretasi khayalak dimana dalam hal ini followers terhadap konten berita pada akun Twitter @catchmeup. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif konstruktif dengan metode analisis resepsi Stuart Hall, menggunakan kriteria pembaca teks media yaitu Pembaca Hegemonic Dominan, Pembaca Negosiasi, dan Pembaca Oposisi. Analisis resepsi lebih melihat pada bagaimana khalayak mempersepsi teks media. Peneliti mengumpulkan data primer dengan melakukan wawancara mendalam kepada followers akun Twitter @catchmeup serta data sekunder dengan melakukan observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa pemaknaan khalayak terhadap akun Twitter @catchmeup sebagai media informasi masuk ke dalam kategori Hegemonic Dominan. Khalayak memaknai bahwa dengan konten berita yang dikemas secara ringkas dan menarik, memudahkan pembaca dalam menerima informasi sehingga dapat dikatakan @catchmeup dapat memenuhi kebutuhan informasi khalayak. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Twitter, Informasi ABSTRACT The development of the media is currently the background of this research, where @catchmeup provides a new color in the world of news in Indonesia which creates a new paradigm in society. Twitter is currently a social media communication tool that is effective in exchanging information. @catchmeup utilizes Twitter's social media to share its news content. Therefore, researchers are interested in studying how audience reception is in news content on the Twitter account @catchmeup. The purpose of this study is to find out the fictional interpretation in this case the followers of news content on the Twitter account @catchmeup.This study uses a constructive qualitative research method with Stuart Hall's reception analysis method, using media text reader criteria, namely Dominant Hegemonic Readers, Negotiation Readers, and Opposition Readers. Reception analysis looks more at how audiences perceive media texts. Researchers collected primary data by conducting in-depth interviews with followers of the Twitter account @catchmeup and secondary data by conducting observations and documentation studies. The results of this study in general can be concluded that the audience's interpretation of the Twitter account @catchmeup as an information medium falls into the Dominant Hegemonic category. The audience understands that with news content that is packaged in a concise and attractive manner, it makes it easier for readers to receive information so that it can be said that @catchmeup can meet the information needs of audiences. Keywords: Reception Analysis, Twitter, Information

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 23 026
NIM/NIDN Creators: 44219210051
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Twitter, Informasi
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 May 2023 04:27
Last Modified: 23 May 2023 04:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77538

Actions (login required)

View Item View Item