STRATEGI PUBLIC RELATIONS BALI GOVERMENT TOURISM OFFICE DI INDONESIA DALAM MEMBANGUN CITRA BALI SEBAGAI TUJUAN PARIWISATA

SAPUTRA, AJI TRI (2023) STRATEGI PUBLIC RELATIONS BALI GOVERMENT TOURISM OFFICE DI INDONESIA DALAM MEMBANGUN CITRA BALI SEBAGAI TUJUAN PARIWISATA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)

Abstract

Tourism is one of the national development priorities in the economic field. This is stated in the 2015-2019 National Medium-Term Development Plan, in which development in the tourism sector has an important role in enhancing Indonesia's image, encouraging economic activity, opening up wider employment opportunities, and improving people's welfare. The supporting theories and concepts presented in this study are how to build public trust, the stages of conducting a SWOT analysis. The method used in this study is a qualitative method with a case study research method and a constructivism paradigm, with primary data collection techniques namely direct and in-depth interviews. The data validity checking technique used is triangulation. The results of the Bali Government Tourism Communication research in building the image of Bali as a tourist destination. namely by utilizing websites, social media and offline activities as media intermediaries for the Bali Government Tourism in the success of the aims and objectives of using the Bali Government Tourism media. The communication strategy carried out by the Bali Tourism Office to increase public trust is to utilize websites, social media and offline activities. Imaging media strategy is a strategy for forming positive information in posts to maintain the image of an institution and its products. The strategy carried out by the Bali Tourism Office is to build information media for the general public, especially tourists and potential tourists. Keywords: Public Relations, Strategy, image, Tourism Bali, Pariwisata merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional dalam bidang ekonomi. Hal tersebut tercantum dalam Rencana Pembangunan Nasional Jangka Menengah Tahun 2015-2019, dimana pembangunan di bidang pariwisata mempunyai peranan penting dalam meningkatkan citra Indonesia, mendorong kegiatan ekonomi, memberikan perluasan kesempatan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Teori dan konsep pendukung pada penelitian ini yang disampaikan yaitu bagaimana membangun kepercayaan terhadap publik, tahapan melakukan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan paradigma konstruktivisme, dengan teknik pengumpulan data primer yaitu wawancara secara langsung dan mendalam. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi. Hasil penelitian Strategi Komunikasi Bali Government Tourism dalam membangun citra Bali sebagai tujuan pariwisata. adalah dengan memanfaatkan website, sosial media dan kegiatan offline sebagai media perantara Bali Government Tourism dalam mensukseskan maksud dan tujuan pemanfaatan media bagi Bali Government Tourism. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Bali Government Tourism untuk meningkatkan kepercayaan publik adalah dengan memanfaatkan website, sosial media dan aktivitas offline. media Strategi of image yaitu strategi pembentukan sebuah informasi yang positif dalam postingan untuk menjaga citra sebuah Lembaga beserta produk nya. Strategi yang dilakukan oleh Bali Government Tourism adalah dengan membangun media informasi untuk khalayak publik khususnya wisatawan dan calon wisatawan. Kata kunci: Strategi, Public Relations, citra, Pariwisata Bali

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 042
NIM/NIDN Creators: 44217110012
Uncontrolled Keywords: Strategi, Public Relations, citra, Pariwisata Bali
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 20 May 2023 01:51
Last Modified: 20 May 2023 01:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77405

Actions (login required)

View Item View Item