ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS PADA ISI PESAN AKUN ROLEPLAYER ARTHUR AKA @LEEJETNO DALAM MEMBENTUK KARAKTER VIRTUAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER

SYIFA, ANNISA MARSHALUNA (2023) ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS PADA ISI PESAN AKUN ROLEPLAYER ARTHUR AKA @LEEJETNO DALAM MEMBENTUK KARAKTER VIRTUAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)

Abstract

Twitter is a platform that is much loved and used by people from young to old. One phenomenon that is still popping up today is the Roleplayer Phenomenon. Roleplayer is a community that plays by acting as their Idol. Roleplay is usually done where someone uses the identity of an idol or their artist and follows their lifestyle on social media. Of course, this phenomenon has been carried out quite often from year to year and Twitter has become one of the most popular social media for the Roleplayer phenomenon. Usually, in the daily life of being a roleplayer, there will be a lot of content or tweets that he will make according to the character of the idol he plays.The literature review consists of five previous studies with 1 international journal. In this study there are theoretical studies consisting of communication, social media, twitter, reception theory, encodingdecoding theory, roleplayer, and virtual characters. This study uses the constructivism paradigm, with a qualitative approach and reception analysis methods. As for the subjects used, there were 5 informants who helped complete the data and became sources of information. Data collection techniques include primary data in the form of interviews and observations and secondary data including documentation.The results of the study show that the virtual characters built by @Leejetno tend to be found in dominant positions, while in the updated character content and interactions from the Twitter account @Leejetno, informants tend to be in various positions such as dominant, negotiation and opposition. This creates views of different meanings and information obtained from various sources. Keywords : Receptions, Roleplayer, Virtual Characters, Social Media, Twitter Twitter merupakan suatu platform yang memang banyak digemari dan digunakan oleh masyarakat dari kalangan muda hingga tua. Salah satu fenomena yang hingga sekarang masih bermunculan ialah Fenomena Roleplayer. Roleplayer merupakan suatu komunitas yang bermain dengan berperan sebagai Idol mereka. Roleplay biasanya dilakukan dimana seseorang tersebut menggunakan identitas seorang idol ataupun artis mereka dan mengikuti gaya hidupnya di media social. Fenomena tersebut tentunya sudah cukup sering dilakukan dari tahun ke tahun dan Twitter menjadi salah satu media social yang cukup diminati untuk fenomena Roleplayer tersebut. Biasanya, dalam keseharian menjadi seorang roleplayer akan banyak sekali konten ataupun tweets yang akan ia buat disesuaikan dengan karakter seorang idol yang ia perankan. Tinjauan pustaka terdiri dari lima penelitian terdahulu dengan 1 jurnal internasional. Dalam penelitian ini terdapat kajian teoritis yang terdiri dari komunikasi, media sosial, twitter, teori resepsi, teori encoding-decoding, roleplayer, dan karakter virtual. Penelitian ini menggunakan paradigma kontrutivisme, dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis resepsi. Adapun subjek yang digunakan, terdapat 5 informan yang membantu melengkapi data dan menjadi sumber informasi. Teknik pengumpulan data meliputi data primer berupa wawancara dan observasi dan data sekunder meliputi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter virtual yang dibangun oleh @Leejetno cenderung terdapat pada posisi dominant sedangkan pada konten update chara dan interaksi dari akun twitter @Leejetno informan cenderung dalam posisi yang bervariasi seperti dominan, negosiasi dan oposisi. Hal tersebut menciptakan pandangan dari pemaknaan yang berbeda-beda serta informasi yang didapatkan dari berbagai sumber. Kata kunci : Analisis Resepsi, Roleplayer, Karakter virtual, Media Sosial, Twitter

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 017
Call Number: SK/42/23/025
NIM/NIDN Creators: 44219010058
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Roleplayer, Karakter virtual, Media Sosial, Twitter
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:06
Last Modified: 12 Apr 2023 03:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/76371

Actions (login required)

View Item View Item