JEDIDIAH, MATTHEW BAGUS (2020) AKTIVITAS PUBLIKASI DIVISI HUMAS BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN (BNPP) DALAM MENSOSIALISASIKAN POS LINTAS BATAS NEGARA (PLBN) MELALUI YOUTUBE DAN INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (745kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
||
Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
6. Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi sangat berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan hadirnya berbagai media komunikasi digital seperti media sosial yang saat ini penggunanya mencapai 130 juta pengguna di Indonesia. Aktivitas Humas juga tentunya harus beradaptasi dengan perkembangan jaman. Salah satunya aktivitasnya adalah publikasi berbagai informasi terkait organisasi yang bertujuan publik mengetahui informasi tentang organisasi dan salah satunya agar tidak terjadinya masalah saling klaim. Konsep dan teori pendukung dalam penelitian ini yaitu Komunikasi, Tujuan Komunikasi, Public Relations, Fungsi Public Relations, Aktivitas Public Relations, Publikasi, Sosialisasi, Media Sosial, Youtube, dan Instagram. Teori Kegiatan Public Relations dan Strategi Public Relations menjelaskan bagaimana seorang humas melakukan aktivitasnya dengan baik sehingga tujuan organisasi tercapai. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek Penelitiannya yaitu Humas BNPP serta pengikut media sosial Youtube dan Instagram BNPP. Dimana peneliti mewawancarai 2 eselon dari Humas BNPP, 2 pengikut Youtube BNPP, dan 2 pengikut Instagram BNPP. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan aktivitas publikasi untuk mensosialisasikan PLBN, Humas BNPP memproduksi kontenkonten yang mengikuti perkembangan media sosial saat ini. Hal ini dilakukan agar publikasi dalam mensosialisasikan PLBN dapat berhasil, memperkenalkan bahwa perbatasan menjadi garda terdepan dan merubah mindset masyarakat bahwa bila dekat dengan negara tetangga itu tentunya menjadi beranda depan. Sehingga masyarakat bersikap sesuai dengan nilai-nilai yang ada, serta bertindak sebagai anggota masyarakat secara efektif. Kata kunci: Youtube, Instagram, Public Relations, PLBN
Actions (login required)
View Item |