ANALISA PERSONAL BRANDING VINA MULIANA SEBAGAI INFLUENCER DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @VINAMULIANA

SUCIYANTI, DEVI (2022) ANALISA PERSONAL BRANDING VINA MULIANA SEBAGAI INFLUENCER DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @VINAMULIANA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER LENGKAP DEVI SUCIYANTI.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Personal branding is a person's personal brand that can be remembered by everyone. People might forget someone's face. However, the personal brand or branding that is created will always be remembered by others. The problem in this study is with the large number of followers of Vina Muliana on the @vinauliana Instagram account, what kind of personal branding characteristics are being built. This study aims to determine Vina Muliana's personal branding through the Instagram account @vinamuliana as a medium in forming personal branding. The research method uses a qualitative approach with semiotic analysis methods, Charles Sanders Peirce's semiotics has the trichotomy concept triangle of meaning which consists of three main elements and are closely related to one another, namely the sign, object, and interpretant. This study uses an interpretive paradigm, using a qualitative approach through Charles Sanders Pierce's semiotic analysis. The unit of analysis used is posting videos of Vina Muliana on her selected Instagram account related to her personal branding. The research data collection technique uses primary data and secondary data. The primary data of this study uses documentation, books, course modules, and Instagram social media. The results of the research on the five selected videos show that Vina Muliana's personal branding is communicative, relevant and also has a high social spirit so as to form a positive self-image. Vina Muliana's content includes education, motivation and tips to help people who are having trouble finding work. The use of Instagram social media to accelerate the dissemination of information to the wider community. Keywords : Personal Branding, Vina Muliana, Instagram, and Semiotic. Personal branding merupakan sebuah merek pribadi seseorang yang dapat diingat oleh semua orang. Orang mungkin akan lupa dengan wajah seseorang. Namun, merek pribadi atau branding yang dibuat akan selalu diingat orang lain. Permasalahan pada penelitian ini adalah dengan banyaknya pengikut Vina Muliana pada akun instragram @vinamuliana, karakteristik personal branding seperti apa yang sedang dibangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal branding Vina Muliana melalui akun Instagram @vinamuliana sebagai media dalam membentuk personal branding. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika, semiotika Charles Sanders Peirce memiliki konsep trikotomi segitiga makna atau triangle of meaning yang terdiri dari tiga elemen utama dan saling berhubungan erat satu sama lainnya, yakni tanda (sign), object, dan interpretant. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Unit analisis yang digunakan yaitu postingan video-video Vina Muliana dalam akun instagramnya yang telah dipiilih berkaitan dengan personal branding dirinya. Teknik pengumpulan data penelitian tersebut menggunakan data primer dan data sekunder. data primer penelitian ini menggunakan dokumentasi, video data sekunder berupa buku, modul mata kuliah, dan media sosial Instagram. Hasil Penelitian pada lima video terpilih menujukan bahwa Personal branding Vina Muliana yaitu komunikatif, relevan dan juga berjiwa sosial yang tinggi sehingga membentuk citra diri positif. konten-konten Vina Muliana meliputi edukasi, motivasi serta tips untuk membantu para masyarakat yang sedang kesulitan mencari pekerjaan. Penggunaan media sosial instagram guna untuk mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Kata Kunci : Personal Branding, Vina Muliana, Instagram, dan Semiotic.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 215
NIM/NIDN Creators: 44218110018
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Vina Muliana, Instagram, dan Semiotic.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemology/Epistemologi > 126 The Self/Diri
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:23
Last Modified: 17 Mar 2023 03:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75178

Actions (login required)

View Item View Item