ZAHRA, DEVI ROSFINA (2019) REPRESENTASI BLACKFACE DALAM IKLAN BUKALAPAK VERSI PENGAKUAN: AWALNYA COBA-COBA, JADI UNTUNG TERUS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Halaman Judul.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03 Surat Pernyataan.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04 Lembar Pengesahan.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05 Kata Pengantar.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06 Daftar Isi.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07 Daftar Tabel.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08 Daftar Gambar.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09 Daftar Lampiran.pdf Download (78kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text (BAB II)
11 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text (BAB III)
12 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
Text (BAB IV)
13 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
||
Text (BAB V)
14 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
Abstract
This research begins from the discovery of blackface character in Bukalapak advertisment Pengakuan: Awalnya Coba-Coba, Jadi Untung Terus. The ad, which aired in 2018, considered as racist and offensive against the black community for using blackface in its story. Therefore, this study aims to see how blackface represented in these advertisements. The ad analyzed through the scientific semiotic view of Roland Barthes, known for its denotative, connotative, and mythical tools. Signs in advertisements are examined in stages to obtain the meaning of the message and also dismantle the myth that hides behind the ideology contained in the ad. The results of the semiotic text analysis found that the Bukalapak advertisement showed an element of racism that seen from the use of blackface as a vehicle to convey comedy. The joke that made the black race as the object has become a myth. The practice of demeaning the black race became commonplace because of the belief in the ideology of white supremacy which the Indonesian people unwittingly believed. Where the notion that whites are superior to blacks is an unfounded belief to denigrate colored races. Keywords: Blackface, Semiotics, Racism, Advertising Penelitian ini berangkat dari ditemukannya karakter blackface dalam iklan Bukalapak versi Pengakuan: Awalnya Coba-coba, Jadi Untung Terus. Iklan yang tayang pada tahun 2018 tersebut dianggap rasis dan ofensif terhadap masyarakat keturunan kulit hitam karena menggunakan blackface dalam ceritanya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana blackface ditampilkan dalam iklan tersebut. Iklan dianalisis melalui kaca mata ilmiah semiotika dari Roland Barthes, yang dikenal dengan perangkat denotatif, konotatif, dan mitosnya. Tanda - tanda dalam iklan diteliti secara bertahap untuk memperoleh makna pesan dan juga membongkar mitos yang bersembunyi dibalik ideologi yang terkandung dalam iklan. Hasil dari analisis teks semiotika ditemukan bahwa iklan Bukalapak menunjukkan unsur rasisme yang terlihat dari penggunaan blackface sebagai kendaraan untuk menyampaikan komedi. Lelucon yang menjadikan ras kulit hitam sebagai objeknya telah menjadi mitos. Praktik merendahkan ras kulit hitam menjadi hal biasa karena adanya keyakinan pada ideologi supremasi putih yang tanpa disadari diyakini juga oleh masyarakat Indonesia. Di mana anggapan bahwa kulit putih lebih unggul dari kulit hitam menjadi kepercayaan tak berdasar untuk merendahkan ras berwarna. Kata kunci: Blackface, Semiotika, Rasisme, Iklan
Actions (login required)
View Item |