RESTIAWAN, EKA AULYA (2019) PENGARUH TAYANGAN VIDEO CHALLENGE DI YOUTUBE TERHADAP PERILAKU PELAJAR (Survei terhadap Pelajar SMP Negeri 120 Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
cover.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
Abstract
Salah satu tren yang sekarang ini sedang merebak di media sosial yang dilakukan oleh remaja yaitu melakukan tantangan skip challenge, padahal bagi siapapun yang melakukan hal ini sangat membahayakan untuk kesehatan bisa berakibat sesak napas, pingsan, sampai kematian, sehingga banyak ahli dalam bidang kesehatan melarang keras bagi siapapun melakukan aksi gila ini. Berdasarkan latar belakang di atas, dirumuskan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh pada sikap Siswa SMP Negeri 120 Jakarta terhadap tayangan video challenge di youtube. Konsep atau teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori StimulusOrganisme-Response (S-O-R) dimana penulis menelaah melalui perhatian, penafsiran, dan pengetahuan guna mendapatkan respon dalam perubahan sikap. Penelitian ini bersifat Eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian survey kepada Siswa SMP Negeri 120 Jakarta. Dimana penulis mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuisioner kepada responden yang dilakukan pada tanggal 20 – 24 November 2017 sebanyak 84 responden yang diolah menggunakan tekhnik purposive sampling. Dengan variabel X yaitu Tayangan Video Challenge dan Variabel Y yaitu Perilaku Pelajar. Dari hasil yang diperoleh pada penelitian dilakukan uji validitas terhadap variabel X dan variabel Y dan semuanya terbukti valid (rhitung < rtabel ; rtabel = 0.220). Uji reliabilitas juga dilakukan dan didapatkan hasil bahwa kuesioner dikatakan reliabel dan dapat digunakan sebagai instrument penelitian. Penulis juga memperoleh nilai value dari kontingensi koefisiennya 0,675 yang berada pada interval koefisien dengan kategori kuat dan pada uji Pearson Chi-Square terlihat nilai Asimp. Sig sebesar 0,019. Karena nilai Asimp.Sig 0,019 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa HO ditolak yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara tayangan video challenge dengan perilaku pelajar. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara tayangan video challenge dengan perilaku pelajar.
Actions (login required)
View Item |