PENGARUH ELEMEN-ELEMEN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PERESEPAN OBAT MELALUI KEPUASAN DOKTER DI JABODETABEK

HARAHAP, ANGGI NOVIA ANGGRAINI (2021) PENGARUH ELEMEN-ELEMEN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PERESEPAN OBAT MELALUI KEPUASAN DOKTER DI JABODETABEK. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRACT (i, ii).pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)

Abstract

Competition between pharmaceutical companies and physicians' need for efficacious drugs to respond effectively to changing disease and patient needs has increased the need to identify factors that influence prescribing decisions. This paper aims to examine the effect of the marketing mix on physician satisfaction, which has implications for defining decisions. Factors that affect satisfaction (product quality, price following the benefits obtained, sales promotion, and drug availability). Physician satisfaction factors (drug performance and acceptable expectations) influenced prescribing decisions (intrinsic and extrinsic). A research model is proposed to examine the effect of marketing mix factors on physician satisfaction with implications for prescribing decisions using a structural equation modeling approach. The research population is doctors in the Greater Jakarta area, and the sample is doctors aged between 25 to 60 years. The number of samples is 130. The sampling technique used was simple random sampling. The results show that the product does not have a significant effect on the Doctor's Satisfaction variable. It shows that the Doctor's expectations of the desired drug are influenced by other aspects such as price, promotion, and drug availability. Price, Promotion, and Distribution variables have a significant effect on the Doctor's Satisfaction variable. The Doctor's Satisfaction variable has a significant impact on the decision to write a prescription variable. Keywords—Marketing mix; Doctor’s satisfaction; prescribing decision Persaingan antara perusahaan farmasi dan kebutuhan dokter akan obat yang berkhasiat untuk merespon secara efektif terhadap perubahan penyakit dan kebutuhan pasien telah meningkatkan kebutuhan untuk mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan peresepan. Makalah ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran pada kepuasan dokter, yang memiliki implikasi untuk menentukan keputusan peresepan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dokter (kualitas produk, harga mengikuti manfaat yang diperoleh, promosi penjualan, dan ketersediaan obat). Faktor kepuasan dokter (kinerja obat dan harapan yang dapat diterima) mempengaruhi keputusan peresepan (intrinsik dan ekstrinsik). Sebuah model penelitian diusulkan untuk menguji pengaruh faktor bauran pemasaran pada kepuasan dokter dengan implikasi untuk meresepkan keputusan menggunakan pendekatan pemodelan persamaan struktural. Populasi penelitian adalah dokter di wilayah Jabodetabek, dan sampelnya adalah dokter yang berusia antara 25 sampai dengan 60 tahun. Jumlah sampel 130. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Dokter. Hal ini menunjukkan bahwa harapan Dokter terhadap obat yang diinginkan dipengaruhi oleh aspek lain seperti harga, promosi, dan ketersediaan obat. Variabel Harga, Promosi, dan Distribusi berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Dokter. Variabel Kepuasan Dokter memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menulis variabel resep. Kata kunci—Bauran pemasaran; kepuasan dokter; keputusan peresepan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/551. 22 099
Call Number: TM/51/23/018
NIM/NIDN Creators: 55118120066
Uncontrolled Keywords: Bauran pemasaran; kepuasan dokter; keputusan peresepan.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem > 003.5 Computer Modeling and Simulation/Model dan Simulasi Komputer > 003.56 Decision Theory/Teori Keputusan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.8 Will, Volition/Kemauan > 153.83 Choice and Decision/Pilihan dan Keputusan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:30
Last Modified: 01 Feb 2023 08:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73895

Actions (login required)

View Item View Item