REPRESENTASI MAKNA TAGLINE “GANTI DOMPET” YANG MELEKAT PADA IKLAN DANA (KAJIAN SEMIOTIKA)

MUHAJIR, ACHMAD (2021) REPRESENTASI MAKNA TAGLINE “GANTI DOMPET” YANG MELEKAT PADA IKLAN DANA (KAJIAN SEMIOTIKA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)

Abstract

In this study, the researcher conducted research on semiotic studies on one of the digital wallet advertisements in Indonesia, which we often hear about the company brand, DANA. This study aims to examine the meaning of the DANA advertisement entitled "change your wallet". In order for the research to run well, the researcher uses a constructivist paradigm and a type of qualitative research. The researcher uses a research methodology, namely semiotic studies. In this study the theory used by researchers is Charles Sender Pierce's semiotic theory The results of this research state that the research on DANA advertisements is that we, in this highly sophisticated era, must understand technology that has developed rapidly and learn to follow it. The DANA ad teaches us to move from using conventional payment methods to digital This research method is very useful for exploring the meaning of the scene in the DANA advertisement. With this method the meaning of the advertisement can be interpreted clearly so that we can interpret the meaning of the advertisement. Keywords: Meaning Representation, Advertising Tagline, Change Wallet Di dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian tentang kajian semiotika pada salah satu iklan dompet digital yang ada di indonesia yang sering kita dengar brand perusahaan nya yaitu DANA Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna iklan DANA tersebut yang berjudul “ ganti dompet” . Agar penelitian berjalan dengan baik maka dari itu peneliti menggunakan paradigma kontrukivis dan jenis penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan metodologi penelitian yaitu kajian semiotika . Dalam penelitian ini teori yang di gunakan oleh peneliti ialah teori semiotika Charles Sender Pierce Hasil dari pennelitian ini menyatakan bahwa pada penelitian di iklan DANA ini ialah kita di zaman yang sudah serba canggih ini harus memahami teknologi yang sudah berkembang pesat dan belajar untuk mengikutinya . Pada iklan DANA tersebut mengajarkan kita agar kita berpindah dalam menggunakan metode pembayaran yang awalnya konvensional menjadi digital Metode penelitian ini sangatlah berguna untuk mengupas makna dari scene yang ada pada iklan DANA tersebut . Dengan metode ini makna dari iklan tersebut dapat temaknai dengan jelas sehingga kita dapat memaknai makna dari iklan tersebut. Kata Kunci : Representasi Makna, Tagline Iklan, Ganti Dompet

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 086
NIM/NIDN Creators: 44317010021
Uncontrolled Keywords: Representasi Makna, Tagline Iklan, Ganti Dompet
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:48
Last Modified: 16 Jan 2023 06:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73463

Actions (login required)

View Item View Item