PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MYJNE TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA PELANGGAN JNE DI JAKARTA BARAT (Periode Juli – September 2021)

SALIM, AGUS (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MYJNE TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA PELANGGAN JNE DI JAKARTA BARAT (Periode Juli – September 2021). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)

Abstract

Online media is currently increasingly used, one of the expedition company in Indonesia that uses online media is PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Online media in the form of mobile application is used as a means of meeting information needs for expedition customers at JNE. This type of research is evaluative research through a quantitative method approach and by collecting data using a survey method in the form of distributing questionnaires to JNE customers who have JLC (JNE Loyalty Card) members at PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). The analysis of this study used product moment correlation and simple linear regression. Based on the results of the determination test, researchers obtained the results of the R Square value of 0.462 or 46.2%. The figure shows the magnitude of the influence of variable X1 on Variable Y combined, while the remaining 53.8% is influenced by other variable factors outside this study or error values. The results of the F hypothesis test count are greater than the table F value (202.791 > ,2.25), with a significance value of 0.000 < 0.05. Thus, H0 is rejected H1 is accepted which means that variable X if tested jointly or simultaneously affects variable Y. It can be concluded that the MyJNE application (X) affects the fulfillment of information on customers (Y). The conclusion of this study is that there is a significantly positive influence on the use of the MyJNE application on the fulfillment of information on customers, with the feature of checking delivery receipts and shipping costs is very helpful for fulfilling information to JNE customers. Acceleration of information is very important to create a sense of satisfaction or expectation from customers towards the services provided. Keyword : MyJNE mobile application, JNE customer, Customer’s Satisfaction Media online saat ini semakin banyak digunakan, salah satu perusahaan ekspedisi di Indonesia yang menggunakan media online yaitu PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Media online berbentuk aplikasi digunakan sebagai salah satu sarana pemenuhan kebutuhan informasi bagi pelanggan pengiriman paket di JNE. Tipe penelitian ini penelitian evaluatif melalui pendekatan metode kuantitatif dan dengan pengumpulan data menggunakan metode survey berupa penyebaran kuisioner kepada pelanggan JNE yang memiliki member JLC (JNE Loyalty Card) di PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Analisis penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji determinasi, peneliti mendapatkan hasil nilai R Square 0,462 atau 46,2%. Angka tersebut menunjukkan besar pengaruh variabel X1 terhadap Variabel Y secara gabungan, sedangkan sisanya 53,8% dipengaruhi oleh faktor variabel lain di luar penelitian ini atau nilai error. Hasil uji hipotesis Fhitung lebih besar daripada nilai Ftabel (202,791 > 2,25), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak H1 diterima yang artinya variabel X jika diuji secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap variabel Y. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi MyJNE (X) berpengaruh terhadap pemenuhan informasi pada pelanggan (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan aplikasi MyJNE terhadap pemenuhan informasi pada pelanggan, dengan adanya fitur cek resi pengiriman dan ongkos kirim sangat membantu pemenuhan informasi terhadap pelanggan JNE. Percepatan informasi sangat penting untuk menciptakan kepuasan atau harapan dari pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Kata kunci: Aplikasi MyJNE, Pelanggan JNE, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 192
NIM/NIDN Creators: 44218110036
Uncontrolled Keywords: Aplikasi MyJNE, Pelanggan JNE, Kepuasan Pelanggan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 14 Jan 2023 07:33
Last Modified: 14 Jan 2023 09:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73427

Actions (login required)

View Item View Item