MAKNA PESAN MORAL DALAM IKLAN XL AXIATA VERSI PESAN UNTUK RAKA #BersamaJadiLebihBaik (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

PUTRO, DWI (2022) MAKNA PESAN MORAL DALAM IKLAN XL AXIATA VERSI PESAN UNTUK RAKA #BersamaJadiLebihBaik (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)

Abstract

An advertisment seems very touching and can influence the viewer. It is greatly affected by the use of signs displayed in the advertisment. One of them is as contained in the XL Axiata ads, it is “Pesan Untuk Raka” version. The XL Axiata ad “Pesan Untuk Raka” researchers noticed signs indicating a moral message. The research method used in this study is a qualitative method with the theory of Charles Sanders Peirce which emphasizes the logical relationship between representament, objects, and interpretants to understand tje meaning of the moral message contained in the XL Axiata advertising version of “Pesan Untuk Raka”. The purpose of this research is to find out the meaning of the moral message contained in the XL Axiata ad version of “Pesan Untuk Raka” which is reviewed based on Charles Sander Peirce’s semiotic theory concept, namely through the trichotomy model. Based on the results of research on “Pesan Untuk Raka” advertisement #BersamaJadiLebihBaik campaigned because there is a value in the events of the story and proven in Charles Sanders Peirce’s semiotic theory thrpugh the trichotomy triangle, namely sign, objectm and signified. Keywords: Semiotika, Charles Sanders Pierce, Advertisement, Moral Messages Sebuah iklan terlihat sangat menyentuh dan dapat mempengaruhi orang yang melihatnya. Hal tersebut sangat dipengaruhi, salah satunya oleh penggunaan tanda yang ditampilkan dalam iklan tersebut. Salah satunya adalah seperti yang terdapat dalam iklan XL Axiata versi Pesan Untuk Raka. Pada iklan XL Axiata versi Pesan Untuk Raka, peneliti melihat tanda yang menunjukkan suatu pesan moral. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teori Charles Sanders Pierce yang menekankan hubungan logis antara representamen, objek, dan interpretan untuk memahami makna pesan moral yang terdapat dalam iklan XL Axiata versi Pesan Untuk Raka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan moral yang terkandung pada Iklan XL Axiata Versi “Pesan Untuk Raka” yang ditinjau berdasarkan pada konsep teori semiotika Charles Sander Peirce yaitu melalui model trikotomi. Berdasarkan hasil penelitian Iklan Pesan Untuk Raka #BersamaJadiLebihBaik dikampanyekan sebagaimana terdapat nilai-nilai pesan moral dalam kejadian cerita tersebut dan dibuktikan pada teori semiotika Charles Sanders Peirce melalui segitiga trikotomi yaitu tanda, objek, dan petanda Kata Kunci: Semiotika, Charles Sanders Pierce, Iklan, Pesan Moral

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 082
NIM/NIDN Creators: 44316010021
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Charles Sanders Pierce, Iklan, Pesan Moral
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:16
Last Modified: 11 Jan 2023 07:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73310

Actions (login required)

View Item View Item