ISLAMI, ADINDA TIARA (2022) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA AKTUALISASI DIRI REMAJA (STUDI KASUS PADA REMAJA DI PERUMAHAN PURI CILEUNGSI, BOGOR). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
44218210031 - Adinda Tiara Islami - 02 Cover.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
44218210031 - Adinda Tiara Islami - 03 Abstrak.pdf Download (506kB) | Preview |
|
Text
44218210031 - Adinda Tiara Islami - 04 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
||
Text
44218210031 - Adinda Tiara Islami - 05 BAB 02.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
||
Text
44218210031 - Adinda Tiara Islami - 06 BAB 03.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
||
Text
44218210031 - Adinda Tiara Islami - 07 BAB 04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
44218210031 - Adinda Tiara Islami - 08 BAB 05.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
Text
44218210031 - Adinda Tiara Islami - 10 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text
44218210031 - Adinda Tiara Islami - 11 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
Abstract
ABSTRAK TikTok merupakan aplikasi berbagi video yang membuat creator dapat mengekspresikan dirinya melalui video yang diunggah. Hal ini memungkinkan para pengguna khususnya remaja dapat terbantu mencapai aktualisasi diri, melalui media TikTok. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui fenomena aktualisasi diri remaja di Puri Cileungsi melalui media sosial TikTok. Peneliti menggunakan teori hirarki kebutuhan menurut Maslow, teori self disclosure dan teori media baru. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Dalam penelitian ini, terdapat 6 informan dan peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumen pendukung. Dari penelitian ini ditemukan bahwa remaja di Puri Cileungsi menggunakan TikTok sebagai media aktualisasi diri, remaja mengekspresikan dirinya dengan mengunggah konten yang mereka sukai, menyalurkan hobi, bakat hingga menggali potensi yang dimiliki nya serta pengungkapan perasaan melalui TikTok. TikTok berhasil membuat remaja di Puri Cileungsi menjadi lebih kreatif dan lebih percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Remaja di Puri Cileungsi juga dapat dikenal dan diterima oleh banyak pengguna lain di TikTok sehingga kepuasan aktualisasi dirinya dapat tercapai melalui TikTok. Kata kunci: TikTok, Aktualisasi Diri, Remaja. ABSTRACT TikTok is a video sharing application that allows creators to express themselves through uploaded videos. This allows users, especially teenagers, to be helped to archieve self-actualization, through TikTok media. This study aims to determine the phenomenon of adolescent self-actualization in Puri Cileungsi through social media TikTok. The researcher uses Maslow’s hierarchy of needs theory, self disclosure theory and new media theory. The researcher uses a qualitative method that is a case study. In this study, there were 6 informants and the researcher used a purposive sampling technique. Sources of data in this study obtained through observation, in-depth interviewsw and supporting documents. From this research, it was found that teenagers in Puri Cileungsi use TikTok as a medium of self-actualization, teens express themselves by uploading content they like, channeling their hobbies, talents to exploring their potential and expressing their feelings through TikTok. TikTok has succeeded in making teenagers in Puri Cileungsi to be more creative and more confident in their abilities. Teenagers in Puri Cileungsi can also be recognized and accepted by many others users on TikTok so that self-actualization satisfaction can be achieved through TikTok. Keywords: TikTok, Self-Actualization, Adolescent
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR 22 033 |
NIM/NIDN Creators: | 44218210031 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: TikTok, Aktualisasi Diri, Remaja. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 04:38 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 04:38 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72286 |
Actions (login required)
View Item |