PENGARUH BODY IMAGE TERHADAP SELF-ESTEEM PADA PENGGEMAR K-POP FANDOM TREASURE MAKERS DI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM

PUTRI, ANASTASYA MELIANA (2022) PENGARUH BODY IMAGE TERHADAP SELF-ESTEEM PADA PENGGEMAR K-POP FANDOM TREASURE MAKERS DI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

K-pop fans often use some social media as a means to get closer to their idols, so they can see what activities their idols are capable of doing. One's instagram portrayal of their image in front of other instagram users can affect one's self-esteem. This research has a purpose to know if there is an influence between body image on self-esteem on the fans of k-pop fandom treasure makers on instagram. The research method used in this study is the quantitative method. Population in this research are 257 k-pop treasure makers who use social media instagram. The data in this study was analyzed with SPSS version 26. This study uses the adhesive sampeling technique. All the data analyses used in this study include reliability tests, validity tests, classic hypothetical assessments. Research shows that there is a significant positive influence on body image fans of k-pop fandom treasure makers on instagram. The results of this study show that fandom treasure makers should be able to turn body image into more positive by focusing on positive things and loving the favored parts more and not focusing on the dislike they do so as to have a good view of their body image and be comfortable and can cultivate self-worth by focusing on what is preferred, by respecting yourself and building confidence. Keywords : Body Image, Self-esteem, Media Social, Fans, K-Pop Penggemar K-Pop sering menggunakan beberapa sosial media salah satunya instagram sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada idolanya, hal tersebut mereka lakukan agar mereka mengetahui aktivitas apa saja yang idol mereka lakukan fans K-Pop juga dapat melihat penampilan dan gaya hidup idol mereka. Instagram seseorang menggambarkan citra mereka di hadapan pengguna instagram lainnya hal ini akan mempengaruhi harga diri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Body image terhadap SelfEsteem pada penggemar K-pop fandom treasure makers. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam peelitian ini yaitu 257 penggemar K-pop treasure makers yang menggunakan sosial media Instagram. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 26. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampeling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu Uji Reliabilitas, Uji Validitas, Uji Asumsi Klasik Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan body image terhadap self-esteem penggemar kpop fandom treasure makers di sosial media instagram. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa fandom treasure makers harus dapat merubah Body image menjadi lebih positif dengan cara fokus pada hal positif serta lebih mencintai bagian yang disukai dan jangan fokus pada bagian yang tidak disukai hal ini dilakukan agar memiliki pandangan yang baik terhadap bentuk tubuhnya dan nyaman serta dapat menumbuhkan nilai percaya diri dengan cara fokus pada hal yang disukai, dengan menghargai diri sendiri dan meningkatkan kepercayaan diri. Kata Kunci : Body Image, Self-esteem, Sosial Media, Fans, K-Pop.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 22 176
NIM/NIDN Creators: 46118010079
Uncontrolled Keywords: Body Image, Self-esteem, Sosial Media, Fans, K-Pop
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemology/Epistemologi > 128 Humankind/Filsafat Kehidupan Manusia > 128.6 Body/Tubuh
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.5 Psychological urges/Dorongan psikologis
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:19
Last Modified: 06 Dec 2022 04:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72213

Actions (login required)

View Item View Item